UMM Institutional Repository

AKTIVITAS DESTINATION BRANDING PANTAI LOVINA BALI ( Studi Deskriptif Kualitatif pada Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng)

Fitri, Handayani (2017) AKTIVITAS DESTINATION BRANDING PANTAI LOVINA BALI ( Studi Deskriptif Kualitatif pada Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-handayanif-48982-1-pendahul-n.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-handayanif-48982-2-bab1.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-handayanif-48982-3-bab2.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-handayanif-48982-4-bab3.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu keinginan menggambarkan bagaimana tahapan aktivitas destination branding Pantai Lovina Bali. Pantai Lovina yang bertempat di desa Kalibukbuk ini memiliki potensi pariwisata yang patut dikembangkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, serta Pantai Lovina ini merupakan ikon pariwisata Bali utara. Setiap tahun di pantai ini berlangsung event tahunan yang bertujuan untuk membangkitkan potensi wisata yang dimiliki pantai Lovina dan daerah sekitar sebagai penyangga kawasan pariwisata Lovina. Berdasarkan uraian tersebut, terdapat rumusan masalah tentang “Bagaimana strategi Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng dalam melaksanakan aktivitas Destination Branding Pantai Lovina dalam tata kelola pariwisata Bali Utara”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas strategi Destination Branding Pantai lovina yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng dalam tata kelola pariwisata Bali utara. Penelitian ini akan mengkaji tahapan-tahapan Destination Branding Pantai Lovina yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng. Teori yang mendukung dalam penelitian ini adalah teori destination branding oleh Morgan and Pritchard dalam merubah image sebuah daerah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang pegawai Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng yang terlibat dalam perencanaan strategi Destination Branding pantai Lovina yang ditemukan melalui teknik purposif sampling yaitu memilih orang tertentu sesuai dengan kriteria. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Data di analisis melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat tahapan dari lima tahapan dalam kegiatan destination branding yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng. Empat tahapan yang telah dilakukan diantaranya : Market investigation, analysis and strategic recommendations, Brand launch and introduction, Brand implementation, dan Monitoring, evaluation and review. Sedangkan satu tahapan yang tidak dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng ialah Brand identity development

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 18 Sep 2017 10:23
Last Modified: 18 Sep 2017 10:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35206

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo