UMM Institutional Repository

PROSES PRODUKSI PROGRAM ACARA TELEVISI BERBASIS KONTEN LOKAL (Studi pada program acara Young Creative di Balikpapan Televisi)

Bajuber, Syahman Mitsali (2017) PROSES PRODUKSI PROGRAM ACARA TELEVISI BERBASIS KONTEN LOKAL (Studi pada program acara Young Creative di Balikpapan Televisi). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-syahmanmit-47878-1-pendahul-n.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-syahmanmit-47878-2-babi.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-syahmanmit-47878-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-syahmanmit-47878-4-babiii.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang proses produksi program televisi berbasis konten lokal, Young Creative adalah program yang diteliti pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian yang diarahkan untuk memberikan gejala-gejala, fakta-fakta atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat mengenai sifat-sifat penelitian serta menganalisa kebenarannya berdasarkan data yang diperoleh. Peneliti melakukan pendekatan kualitatif, dimana subjek penelitian adalah Produser, Manajer Marketing, Manajer Produksi, Manajer Keuangan dan Manajer Artistik menjadi subjek penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman, dimana analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan Hasil penelitian ditemukan proses produksi program acara Young Creative melalui tahapan dari proses produksi yang terdiri dari pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Tahap pra produksi, produser tidak melakukan kordinasi dengan tim kreatif dikarenakan tidak adanya tim kreatif di Balikpapan Televisi dan juga prodser melewatkan proses rehearsel. Pada saat produksi, proses kordinasi antara produser dengan kru di studio terbatas dikarenakan produser terlibat langsung menjadi MC (Master of Ceremony) dalam program acara Young Creative, sehingga menyebabkan kesalahan teknis saat live program. Tahap pasca produksi, produser melakukan kordinasi dengan tim marketing dalam hal publikasi dan promosi, namun produser tidak melakukan proses evaluasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rendahnnya sumber daya manusia yang dimiliki oleh Balikpapan Televisi terutama dalam hal ini satuan kerja yang ada pada program acara Young Creative, dimana hal ini mempengaruhi terhadap kinerja dari proses produksi program, sehingga menyebabkan penembangan ide program yang tidak maksimal dan juga kesalahan teknis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 18 Sep 2017 08:42
Last Modified: 18 Sep 2017 08:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35199

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo