UMM Institutional Repository

KONSTRUKSI MEDIA ONLINE NASIONAL PADA PEMBERITAAN RAZIA WARUNG MAKAN DI KOTA SERANG (Analisis Framing di Kompas.com dan Republika.co.id Periode 11- 16 Juni 2016)

Utomo, Raharjo Tri (2017) KONSTRUKSI MEDIA ONLINE NASIONAL PADA PEMBERITAAN RAZIA WARUNG MAKAN DI KOTA SERANG (Analisis Framing di Kompas.com dan Republika.co.id Periode 11- 16 Juni 2016). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-raharjotri-47898-1-pendahul-n.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-raharjotri-47898-2-babi.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-raharjotri-47898-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-raharjotri-47898-4-babiii.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

Tindakan razia yang dilakukan oleh aparat Satpol PP Pemkot Serang terhadap para pemilik warung nasi saat Bulan suci Ramadhan Juni 2016 menuai kontroversi dan polemik ditengah masyarakat. Perhatian publik terbawa oleh kejadian ini karena cukup fenomenal menghiasi banyak berita dan menjadi bahan diskusi banyak pihak, di seluruh media bahkan mereka yang terhubung dalam jaringan media sosial. Kompas.com dan Republika.co.id sebagai media online nasional turut mengambil peranan untuk menginformasikan kepada masyarakat seputar razia tersebut. Untuk menyajikan peristiwa ini, tentu kedua portal berita tersebut memiliki cara pandangnya masing-masing, dan secara otomatis kepentingan - kepentingan tertentu yang menyelimuti pemberitaan pun ikut berbeda. Jadi fokus penelitian ini untuk mengetahui konstruksi pemberitaan pada media online Kompas.com dan Republika.co.id terkait razia yang dilakukan oleh aparat Satpol PP Pemkot Serang terhadap para pemilik warung nasi saat Bulan suci Ramadhan. Penelitian ini menggunakan metode analisis framing dengan pendekatan kualitatif. Tipe penelitian ini yaitu intepretatif dengan fokus penelitiannya pada berita yang dirilis periode 11 – 16 Juni 2016 yaitu 3 berita Kompas.com dan 3 berita Republika.co.id. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi yang diperoleh dari website Kompas.com dan Republika.co.id. Kemudian, peneliti menggunakan teknik analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki dan membaginya dalam empat struktur besar yaitu Sintaksis, Skrip, Tematik dan Retoris. Analisis framing adalah salah satu metode analisis teks yang berada dalam kategori penelitian konstruksionis. Analisis tekstual kualitatif dilakukan pada setiap item berita yang diunggah yang menjadi objek penelitian, yaitu kalimat-kalimat yang menunjukan kearah penekanan isu dan fokus permasalahan atas pemberitaan razia Satpol PP Kota Serang, Banten. Teori yang digunakan antara lain Konstruksi Realitas Sosial, dan Hirarki Level Media. Penelitian ini menemukan bahwa Kompas.com membingkai kejadian razia yang dilakukan oleh aparat Satpol PP Pemkot Serang terhadap para pemilik warung nasi saat Bulan suci Ramadhan sebagai bentuk tindakan yang mencederai iklim toleransi antar umat beragama, Kompas.com juga menyudutkan Peraturan Daerah (Perda) Kota Serang yang dinilai tidak tepat jika diterapkan di Indonesia sebagai negara yang pluralistis. Adapun bingkai Republika.co.id lebih memandang positif akan keberadaan perda tersebut dan ingin mematahkan anggapan bahwa Perda No.2 tahun 2010 yang dianggap perda bermasalah, intoleran dan tidak sesuai dengan iklim toleransi yang berlaku di Indonesia lewat argument-argumen yang ada pada beritanya. Jadi kedua portal Kompas.com dan Republika.co.id mempunyai pembingkaian yang berbeda terkait dengan pemberitaan razia yang dilakukan oleh aparat Satpol PP Pemkot Serang terhadap para pemilik warung nasi saat Bulan suci Ramadhan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 18 Sep 2017 07:52
Last Modified: 18 Sep 2017 07:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35196

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo