STUDI TINGKAT PENGETAHUAN KONSUMEN MUSLIM TENTANG KEHALALAN PRODUK SUSU BUBUK PADA MASYARAKAT KELAS MENENGAH (Studi Kasus pada Karyawan dan Dosen di Kampus III Universitas Muhammadiyah Malang)

AHWAN, MUHAMMAD (2007) STUDI TINGKAT PENGETAHUAN KONSUMEN MUSLIM TENTANG KEHALALAN PRODUK SUSU BUBUK PADA MASYARAKAT KELAS MENENGAH (Studi Kasus pada Karyawan dan Dosen di Kampus III Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
STUDI TENTANG KUALITAS SUSU PASTEURISASI PADA BERBAGAI .pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang tingkat pengetahuan konsumen muslim tentang kehalalan produk susu bubuk pada masyarakat kelas menengah. (Khususnya Karyawan dan Dosen Di Lingkup Kampus III Universitas Muhammadiyah Malang). Penelitian ini berlangsung pada bulan September 2006 bertempat di kampus III UMM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan pemilihan responden dilakukan secara simple random sampling ( sampel acak sederhana ). Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini akan dianalisa secara deskriptif kualitatif dan pengujian secara statistik menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden membeli susu di supermarket dan dalam membeli susu responden mempertimbangakn masalah kegunaan, komposisi, dan label halal. Kategori pengetahuan responden tentang susu bubuk sebagian besar berpengetahuan sedang. Sedangkan kategori pengetahuan mengenai kehalalan susu bubuk masih banyak responden yang pengetahuan kehalalannya rendah. Responden yang pengetahuannya tentang susu bubuk sedang, tingkat pengetahuan kehalalan susu bubuknya sedang dan responden yang tingkat pengetahuan susu bubuknya tinggi, tingkat pengetahuan kehalalan tidak tinggi melainkan berpengetahuan sedang. Perhitungan statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan konsumen tentang susu bubuk dengan pengetahuan tentang kehalalan susu bubuk Kesimpulan dari penelitian ini konsumen dalam memilih produk susu bubuk lebih mempertimbangkan masalah kegunaan dari susu bubuk, komposisi serta label halal yang ada pada kemasan susu bubuk. Tingkat pengetahuan responden tentang susu bubuk cenderung berpengetahuan sedang, dimana responden umumnya telah mengetahui segala sesuatu tentang unsur-unsur pengetahuan susu bubuk. Tingkat pengetahuan responden tentang kehalalan susu bubuk sebagian responden masih rendah. Responden belum banyak mengetahui tentang unsur-unsur kehalalan produk susu bubuk. Hubungan pengetahuan tentang susu bubuk dengan pengetahuan kehalalan susu bubuk, dimana reponden yang kategori pengetahuannya rendah tentang susu bubuk maka pengetahuan tentang kehalalannya juga rendah, responden yang pengetahuan tentang susu bubuk sedang pengetahuanya akan kehalalan susu bubuk juga sedang. Perhitungan statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan konsumen tentang susu bubuk dengan pengetahuan tentang kehalalan susu bubuk Berdasarkan kesimpulan diatas dapat disarankan bahwa konsumen perlu untuk mendapatkan informasi tentang susu bubuk baik itu proses, metode pembuatan susu bubuk, serta bahan-bahan yang ditambahkan dalam susu bubuk. sehingga dapat meningkatkan pengetahuan konsumen tentang susu bubuk sehingga konsumen tidak merasa dirugikan. LP POM MUI merupakan lembaga yang berkewajiban menangani dan melindungi konsumen, oleh karena itu pemberian informasi kepada konsumen mengenai pelabelan halal yang ada pada kemasan produk merupakan hal yang sangat penting.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Animal Industrial Technology
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 01 May 2012 03:37
Last Modified: 01 May 2012 03:37
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3519

Actions (login required)

View Item View Item