UMM Institutional Repository

AKTIVITAS KOMUNIKASI ANTARA ORANG TUA DAN ANAK SEBAGAI PENGGUNA JASA HOMESCHOOLING (Studi pada Keluarga Homeschooling Sekolah Dolan di Malang)

Winarsih, Binti (2017) AKTIVITAS KOMUNIKASI ANTARA ORANG TUA DAN ANAK SEBAGAI PENGGUNA JASA HOMESCHOOLING (Studi pada Keluarga Homeschooling Sekolah Dolan di Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bintiwinar-48273-1-pendahul-n.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bintiwinar-48273-2-babi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bintiwinar-48273-3-babii.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bintiwinar-48273-4-babiii.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan komunikasi yang terjadi dalam dunia pendidikan. Adanya faktor lingkungan sekolah dan kurangnya waktu untuk pengembangan potensi anak mengakibatkan anak memutuskan untuk mencari lembaga pendidikan alternatif. Homeschooling merupakan pendidikan non formal tidak terikat dengan pemerintah seperti sekolah pada umumnya. Homeschooling menjadi alternatif dalam dunia pendidikan karena anak yang awalnya sekolah formal dan memutuskan pindah ke homeschooling tetap bisa sukses dan berhasil. Salah satu homeschooling yang ada di Kota Malang yaitu Sekolah Dolan. Memilih Sekolah Dolan karena homeschooling ini memiliki sistem mementingkan kedekatan orang tua dan anak Berdasarkan uraian diatas, peneliti mengambil rumusan masalah bagaimana aktivitas komunikasi antara orang tua dan anak dalam keluarga pengguna jasa homeschooling di Sekolah Dolan Malang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggambarkan aktivitas komunikasi antara orang tua dan anak dalam keluarga homeschooling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yaitu deskriptif yang membahas mengenai pola komunikasi antara orang tua dan anak sebagai pengguna jasa homeschooling sekaligus menggambarkan apa yang terjadi pada subyek penelitian tanpa adanya distribusi angka. Sampel dalam penelitian ini dibatasi dengan kriteria tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman yaitu data reduksi, data display, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dengan menggunakan tiga indikator yaitu teknik komunikasi orang tua dan anak, kesempatan komunikasi dan gangguan komunikasi, maka dapat disimpulkan bahwa anak yang pernah gagal sekolah formal juga bisa sukses dan berhasil. Hal tersebut dikarenakan komunikasi terjadi secara efektif yang ditandai dengan adanya kedekatan hubungan diantara keduanya dan sikap saling terbuka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 14 Sep 2017 09:00
Last Modified: 14 Sep 2017 09:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35178

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo