UMM Institutional Repository

Pengaruh Tayangan VLOG (Video Blog) di Sosial Media YouTube Terhadap Minat Membuat VLOG (Video Blog) [ Studi Pada Mahasiswa Anggota Grup Line Ilmu Komunikasi UMM Angkatan 2013 ]

Jihad, Aldila Sofyan (2017) Pengaruh Tayangan VLOG (Video Blog) di Sosial Media YouTube Terhadap Minat Membuat VLOG (Video Blog) [ Studi Pada Mahasiswa Anggota Grup Line Ilmu Komunikasi UMM Angkatan 2013 ]. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aldilasofy-48672-1-pendahul-n.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aldilasofy-48672-2-babi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aldilasofy-48672-3-babii.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aldilasofy-48672-4-babiii.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Sosial media merupakan salah satu sarana komunikasi di tengah pesatnya kemajuan teknologi, YouTube merupakan salah satu jenis sosial media yang menyediakan berbagai informasi berupa ‘gambar bergerak’ atau video, salah satu konten YouTube adalah Video blog atau yang lebih dikenal sebagai vlog. Terlalu banyak terpaan media membuat masyarakat menerima hal-hal yang diberikan secara terus-menerus. Berdasarkan itu peneliti menduga ada pengaruh untuk membuat vlog sendiri setelah seseorang membuat vlog. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur besar pengaruh tayangan VLOG (Video Blog) di sosial media YouTube terhadap minat mahasiswa Ilmu Komunikasi 2013 dalam grup line IKOM UMM 2013 untuk membuat vlog. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa pendekatan teori, antara lain teori efek media dan teori AIDDA yang membahas bagaimana seseorang dapat memiliki keputusan ketika menaruh perhatian tinggi. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan Tipe Explanatory untuk mengukur berapa besar hubungan yang terjadi antara terpaan tayangan vlog terhadap minat membuat vlog. Dengan menggunakan metode simple random sampling dengan 326 popoulasi diperoleh hasil sample sebanyak 77. Angket yang disebar dalam penelitian ini terdiri dari 30 pertanyaan. Setelah dilakukan penelitian lapang dan melibatkan 77 responden yang berasal dari mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2013 yang tergabung dalam grup line IKOM UMM 2013 didapatkan hasil bahwa terpaan tayangan vlog dapat mempengaruhi minat sebesar 21,3%. Artinya pada penelitian ini terpaan tayangan vlog tidak terlalu mempengaruhi seseorang untuk berminat membuat vlognya sendiri. 78,7% Minat membuat vlog dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil rata-rata dari minat membuat vlog sendiri masuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 Sep 2017 09:22
Last Modified: 13 Sep 2017 09:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35167

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo