UMM Institutional Repository

AKTIFITAS PUBLIC RELATIONS PT.SEMEN GRESIK MELALUI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi pada Bagian Humas PT.Semen Gresik di Tuban)

Sa’diyah, Marite Alfinnatus (2017) AKTIFITAS PUBLIC RELATIONS PT.SEMEN GRESIK MELALUI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi pada Bagian Humas PT.Semen Gresik di Tuban). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maritealfi-48729-1-pendahul-n.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maritealfi-48729-2-bab1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maritealfi-48729-3-bab2.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maritealfi-48729-4-bab3.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Banyak kasus melibatkan perusahaan-perusahaan besar di Indonesia terkait dengan para stakeholder dan lingkungan, baik berkaitan dengan pencemaran lingkungan sampai eksploitasi terhadap energi dan sumber daya alam yang menyebabkan kerusakan alam. Perusahaan memilih Public relations sebagai mediator dalam hal mendengar apa yang diinginnkan dan diharapkan oleh puliknya. Oleh karena itu perusahaan pasti mempunyai tanggung jawab untuk kemakmuran rakyatnya dengan melakukan program Corporate Social Responsibility (CSR). Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimana peran Public Relations (PR) melalui program CSR ukm batik gedog binaan PT. Semen Gresik di Tuban. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif, dimana dalam perolehan datanya peneliti menentukan subjek penelitian yang akan diwawancarai. Lokasi penelitian ini di PT.Semen Gresik Tuban. Teknik utama pengumpulan data adalah wawancara kemudian didukung dengan data dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang mana analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Semen Gresik menerapkan konsep triple battom line, sebagai komitmen tanggung jawab perusahaan dan kesejahteraan masyarakat sekitar. kemudian public relations dalam pelaksanaan program corporate social responsibilty menggunakan empat tahap yaitu fact finding, planning, communicating, evaluation, ada proses perencanaan dan penetapan program antara lain adalah menetapkan peran dan misi, menentukan wilayah, mengidentifikasi dan menentukan indikator, menentukan sasaran, mempersiapkan rencana,membangun pengawas, kemudian pelaksanaan sehingga kegiatan akan berjalan sesuai harapan. Dalam penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa public relations PT. Semen Gresik sebagai mediator untuk membantu pihak perusahaan. Dalam pelaksanaan program CSR batik gedog, PR membantu dalam memberikan pelatihan selama enam bulan sekali, yang melibatkan perwakilan dari setiap badan usaha yang tergabung UKM batik gedog dengan mendatangkan pakar batik. Mengundang saat event dengan menyediakan stand, banner, dan bantuan dana. Hasil program PR yang telah dilaksankan mendapatkan respon yang baik dari UKM yang menjadi mitra PT. Semen Gresik

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 Sep 2017 07:52
Last Modified: 04 Apr 2018 04:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35157

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo