UMM Institutional Repository

PENERIMAAN PEMBACA TENTANG TREND MODE HIJAB PADA RUBRIK "HIJAB TUTORIAL" DALAM MAJALAH MUSMAGZ (Studi Resepsi pada Komunitas Hijabers "Maliki Sisterhood")

Hakim, Maula Dzikril (2017) PENERIMAAN PEMBACA TENTANG TREND MODE HIJAB PADA RUBRIK "HIJAB TUTORIAL" DALAM MAJALAH MUSMAGZ (Studi Resepsi pada Komunitas Hijabers "Maliki Sisterhood"). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mauladzikr-48730-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mauladzikr-48730-2-babi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mauladzikr-48730-3-babii.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mauladzikr-48730-4-babiii.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Majalah sebagai salah satu bentuk dari media cetak yang spesifik dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan pembacanya akan informasi yang diperlukan. Ditambah lagi isinya yang menarik, apik, dan sudah memperhatikan nilai artistik dapat memuaskan mata serta hasrat pembaca dalam mencari suatu informasi.Salah satu majalah yang sering digunakan sebagai referensi dalam pemilihan trend mode fashion adalah majalah "MUSMAGZ". Dalam majalah tersebut berita yang disajikan merupakan berita-berita khusus, yang menyajikan mengenai segala peristiwa atau informasi yang berkaitan dengan fashion muslim. Hal tersebut dimanfaatkan oleh beberapa hijabers sebagai bahan bacaan untuk referensi dalam menenetukan trend fashion yang baru. Dalam penelitian ini menggunakan analisis studi resepsi yang merupakan bagian khusus dari studi khalayak yang mencoba mengkaji secara mendalam proses actual dimana wacan media diasimilasikan melalui praktek wacana dan budaya khalayak. Studi resepsi sebenarnya terfokus pada oposisi dan negosiasi audiens terhadap media. Studi ini tentunya untuk mengetahui sejauh mana penafsiran dan pemaknaan audiens terhadap teks media. Hasil dari penelitian ini bahwa penerimaan pembaca pada rubrik hijab tutorial pada majalah MUSMAGZ khususnya bagi komunitas hijaber Maliki Sisterhood masuk dalam kategori posisi pembaca dominan (dominanthegemonic position) Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan data diperoleh hasil bahwa penerimaan pembaca pada rubrik hijab tutorial dalam majalah musmagz khususnya bagi komunitas hijaber Malikisisterhood masuk dalam kategori posisi pembaca dominan (dominant hegemonic position) karena mayoritas pembaca menerima dengan baik sajian rubrik hijab tutorial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 Sep 2017 07:49
Last Modified: 17 Jan 2018 09:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35156

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo