UMM Institutional Repository

PENGARUH VISIBILITY, CREDIBILITY, ATTRACTION DAN POWER BRAND AMBASSADOR OPPO DALAM IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI SMARTPHONE (Studi Pada Pengguna Smartphone OPPO)

Rahmasani, Renda Safrini (2017) PENGARUH VISIBILITY, CREDIBILITY, ATTRACTION DAN POWER BRAND AMBASSADOR OPPO DALAM IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI SMARTPHONE (Studi Pada Pengguna Smartphone OPPO). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rendasafri-46745-1-pendahul-n.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rendasafri-46745-2-babi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rendasafri-46745-3-babii.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rendasafri-46745-4-babiii.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

Penggunaan iklan sebagai strategi pemasaran biasanya tak lepas dari kehadiran duta produk atau brand ambassador. Brand Ambassador biasanya memiliki karakteristik berupa visibility, credibility, attraction dan power yang dapat mempengaruhi khalayak atau audiens. Salah satu produk smartphone yang menggunakan jasa Brand Ambassador pada tiap serinya adalah OPPO. Maka penelitian ini menemukan satu rumusan masalah yaitu seberapa besar pengaruh visibility, credibility, attraction, dan power Brand Ambassador tersebut terhadap keputusan membeli smartphone. Penelitian ini menggunakan teori Jarum Hipodermik dan konsep AIDDA. Teori ini menjelaskan bahwa media massa sebagai alat untuk menyuntikkan informasi kepada khalayak dan mampu menundukkan audiens dengan cara apapun. Brand ambassador yang memiliki karakteristik visibility, credibility, attraction dan power pada iklan adalah seorang komunikator yang seharunya dapat membuat memiliki hasrat, keputusan serta tindakan dalam membeli suatu barang. Namun pada penelitian ini brand ambassador hanya mampu menggerakkan audiens sampai pada tingakt interst atau minat yang sesuai dengan konsep AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, Action). Dengan metode eksplanatif dan pendekatan kuantitatif, penelitian yang dilakukan di beberapa toko smartphone di Malang yang sudah ditetapkan peneliti, dengan menggunakan teknik insidental sampling. Analisis yang digunakan adalah regresi Linier Berganda serta pengujian hipotesis dengan Uji T, Uji F dan Uji R dengan bantuan software SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh visibility, credibility, attraction dan power Brand Ambassador berdasarkan nilai koefisien determinasi (R square) adalah 29,4% variabel X berpengaruh terhadap variabel Y, sedangkan koefisien korelasi (R) memiliki nilai 0,542 masuk dalam tingkat koefisien sedang. Persamaan regresi linier berganda adalah Y = 11,382 + 0,385 + 0,242 + 0,310 + 1,058X yang menunjukkan bahwa variabel Brand Ambassador berpengaruh positif yang dilihat dari tanda positif dari persamaan regresi terhadap keputusan membeli dengan meningkat 11,382X setiap tambahan satu satuan Brand Ambassador. Hasil hipotesis yang ditemukan adalah pada variabel visibility dan attraction adalah H0 yaitu tidak ada pengaruh secara signifikan terhadap variabel Y. Sedangkan pada variabel credibility dan power hipotesis yang diterima adalah H1 yaitu memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Sep 2017 08:37
Last Modified: 12 Sep 2017 08:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35153

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo