UMM Institutional Repository

REPRESENTASI KARAKTER "SI UDIN" PADA APLIKASI LINE (Analisis Semiotika Stiker Si Udin dalam Aplikasi LINE)

Rismanidia, Olyvia (2017) REPRESENTASI KARAKTER "SI UDIN" PADA APLIKASI LINE (Analisis Semiotika Stiker Si Udin dalam Aplikasi LINE). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-olyviarism-46748-1-pendahul-n.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-olyviarism-46748-2-babi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-olyviarism-46748-3-babii.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-olyviarism-46748-4-babiii.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sosial media yang hingga kini semakin berkembang pesat. Setiap orang butuh berkomunikasi dengan orang lain, mengenal orang baru atau bahkan menjaga silaturahmi dengan yang lainnya. Dari anak kecil hingga orang dewasa memiliki akun sosial media dan aplikasi chatting. LINE adalah salah satu aplikasi yang ada di smartphone dengan fiturnya yang tak hanya berkirim teks, namun LINE juga menghadirkan fitur stiker sebagai subtitusi dari ekspresi penggunanya. Kehadiran stiker tentu merubah kebiasaan berkomunikasi para pengguna LINE. Stiker juga dikontruksi atas dasar pemaknaan visual yang berlaku secara umum sehingga meminimalisir multitafsir. Dengan latar belakang tersebut maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah "Bagaimana representasi karakter Si Udin pada aplikasi LINE?" Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika. Semiotika dapat diidentifikasikan sebagai ilmu yang mempelajari sederetan luas dan objek-objek, peristiwa-peristiwa, seluruh kebudayaan sebagai tanda. Pada dasarnya, analisis semiotika merupakan sebuah ikhtiar untuk merasakan sesuatu yang aneh, sesuatu yang dipertanyakan lebih lanjut ketika kita membaca teks atau narasi atau wacana tertentu. Analisisnya bersifat paradigmatic. Lebih lanjut penelitian ini menggunakan model analisis semiotik menurut Pierce. Pierce mengidentifikasikan partikel dasar dari tanda dan menggabungkannya kembali semua komponen ke dalam struktur tunggal. Dalam model ini menggunakan teori segitiga makna (triangle meaning) yang terdiri atas tanda (sign), objek (object), dan interpretan (interpretant). Jumlah stiker yang dianalisis ada 28 stiker. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mendokumentasikan stiker dari aplikasi LINE, kemudian dianalisis secara interpretatif oleh peneliti dengan menggunakan model semiotika kemudian disajikan secara deskriptif. Berdasarkan analisis dan pembahasan mengenai representasi karakter Si Udin ditemukan bahwa Si Udin adalah anak gaul yang sering menggunakan kalimat dan gerakan ekspresi jaman sekarang. Karakter Si Udin lebih jauh direpresentasikan sebagai sosok yang genit, feminim, gaul, alay, egois dan ekspresif. Genit ditunjukkan dengan ekspresi menggoda. Feminim ditunjukkan dengan penggunaan bahasa tubuh yang menyerupai wanita. Gaul ditunjukkan dengan penggunaan kata ujaran yang populer. Alay ditunjukkan dengan penggunaan gabungan huruf dan angka juga bahasa tubuh yang berlebihan. Egois ditunjukkan dengan simbol ketidakpedulian kepada orang lain.Selain itu Asumsi bahwa stiker Si Udin adalah anak Sekolah Dasar tidak sepenuhnya benar karena secara visual dan verbal menunjukkan bahwa Si Udin lebih dewasa dari anak SD.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Sep 2017 07:39
Last Modified: 24 Jan 2018 07:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35150

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo