UMM Institutional Repository

FAKTOR-FAKTOR KECEMASAN DAN KETIDAKPASTIAN DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA (Studi pada Mahasiswa Asing Program BIPA Universitas Muhammadiyah Malang)

Kharisma, Renata Mega (2017) FAKTOR-FAKTOR KECEMASAN DAN KETIDAKPASTIAN DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA (Studi pada Mahasiswa Asing Program BIPA Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-renatamega-46965-1-pendahul-n.pdf

Download (958kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-renatamega-46965-2-bab1.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-renatamega-46965-3-bab2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-renatamega-46965-4-bab3.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul "Faktor-Faktor Kecemasan dan Ketidakpastian dalam Komunikasi Antarbudaya" ini dilatar belakangi oleh pandangan peneliti terhadap kurangnya hubungan antara mahasiswa program BIPA UMM dengan Mahasiswa maupun orang-orang local, maka dari itu dengan bantuan penjelasan dari literature terkait peneliti ingin mengetahui apa saja yang menjadi faktor kecemasan dan ketidakpastian para peserta program BIPA dalam pergaulan mereka dengan mahasiswa maupun orang lokal, karena dalam interaksi antar budaya akan ada kecemasan dan ketidakpastian yang timbul pada diri seseorang hasil dari perbedaan budaya yang dialaminya. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe deskriptif, menggunakan data-data yang didapat dari wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan kemudian di analisa menggunakan model analisa data Miles dan Huberman, sedangkan untuk wawancara, subjek ditentukan dengan teknik purposive sampling yang mengharuskan subjek sesuai dengan kriteria yang ditetapkan sebelumnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada dua faktor utama yang paling sering muncul dalam pembentukan kecemasan dan ketidakpastian dalam diri mahasiswa asing program BIPA UMM dalam interaksi antarbudaya mereka, sedangkan ada satu faktor yang kurang mempengaruhi terbentuknya kecemasan dan ketidakpastian tersebut, sedangkan mengenai konteks budaya, tidak semua subjek yang masih lekat dengan konteks budaya Negara asal mereka. Namun dari yang dijabarkan, semua mahasiswa asing program BIPA UMM dengan kesulitannya beradaptasi maupun memulai interaksi dengan mahasiswa maupun masyarakat lokal, mereka memiliki kemauan kuat untuk menerima, dan belajar semua perbedaan budaya Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Keywords: Faktor, Superficial Cause, Kecemasan dan Ketidakpastian
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Sep 2017 06:31
Last Modified: 03 Jul 2018 02:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35145

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo