UMM Institutional Repository

RESPON FOLLOWERS TERHADAP KONTEN DAKWAH DI MEDIA SOSIAL LINE AKUN DAKWAH ISLAM (Studi Pada Followers Akun Dakwah Islam LINE)

ROHANAH, ROHANAH (2017) RESPON FOLLOWERS TERHADAP KONTEN DAKWAH DI MEDIA SOSIAL LINE AKUN DAKWAH ISLAM (Studi Pada Followers Akun Dakwah Islam LINE). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rohanah-47330-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rohanah-47330-2-babi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rohanah-47330-3-babii.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rohanah-47330-4-babiii.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Perkembangan kegiatan dakwah melalui teknologi komunikasi ditandai dengan munculnya media-media dakwah di media sosial dengan desain yang menarik dan isi pesan yang mudah dipahami, seperti akun Dakwah Islam. Akun Official LINE yang memiliki daya tarik memberikan update konten dakwah berupa gambar dan ulasan berkaitan dengan topik akhlak, aqidah dan syariah. Banyaknya konten dakwah yang diupdate saat ini, namun tidak semua masyarakat menerima, memahami dan melakukan sesuai dengan apa yang disarankan oleh konten akun Dakwah Islam. Metode yang digunakan adalah survei, dengan menggunakan teknik random sampling untuk melakukan pengambilan sampel. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.882.462 followers, diolah menggunakan rumus slovin dengan tingkat kepercayaan 95% diperoleh sampel 100 followers. Peneliti mengumpulkan informasi dengan cara menyebarkan kuesioner pada followers akun Dakwah Islam melalui bantuan google.doc. Selanjutnya, data yang dikumpulkan disajikan dalam bentuk tabel frekuensi dan dianalisis menggunakan tendensi sentral rumus Mean dengan bantuan software SPSS 23. Hasil analisis deskriptif menunjukkan rata-rata responden mengakses konten akun Dakwah Islam 8-10 kali setiap hari, rata-rata respon responden pada layout konten akun Dakwah Islam sebesar 9,74 yang termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan rata-rata respon responden pada isi pesan konten akun Dakwah Islam sebesar 33,29 yang termasuk dalam kategori sedang. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa respon followers terhadap konten akun Dakwah Islam rata-rata tertarik pada typografi atau jenis huruf yang bervariasi pada layout konten dakwah dan tingkat ketertarikan pada pesan dakwah yang bertopik syariat yaitu aktivitas manusia muslim didalam semua aspek hidup dan kehidupannya, baik buruk, halal haram serta menyangkut hubungan manusia dengan Allah sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Keywords: Respon, Konten Dakwah, Media Sosial LINE
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Sep 2017 03:45
Last Modified: 02 Jul 2018 06:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35137

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo