UMM Institutional Repository

PEMAKNAAN KHALAYAK TERHADAP GAYA HIDUP METROSEKSUAL KEENAN PEARCE DI MEDIA SOSIAL SNAPCHAT "KEENPEARCE" (Studi Pada Mahasiswa Aktif Ilmu Komunikasi Angkatan 2012 Universitas Muhammadiyah Malang)

Herniati, Maulida (2017) PEMAKNAAN KHALAYAK TERHADAP GAYA HIDUP METROSEKSUAL KEENAN PEARCE DI MEDIA SOSIAL SNAPCHAT "KEENPEARCE" (Studi Pada Mahasiswa Aktif Ilmu Komunikasi Angkatan 2012 Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maulidaher-47333-1-pendahul-n.pdf

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maulidaher-47333-2-babi.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maulidaher-47333-3-babii.pdf

Download (913kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maulidaher-47333-4-babiii.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Melalui snapchat, tak jarang Keenan terlihat menggunakan pakaian yang moderen, trendi dan modis, baik saat bekerja maupun bertemu dengan sahabatnya. Hal ini menjadikannya salah satu artis yang memiliki gaya hidup metroseksual, dan tak jarang pula kalangan remaja menjadikannya sebagai panutan dalam berbusana. Menurut David Morley (2005:82, menjelaskan 3 kategorisasi dari pemaknaan pembacaan khalayak terhadap teks media, yaitu: dominant position yaitu khalayak memiliki pemahaman yang sama (frame of reference) antara komunikator dan komunikan. Negotiated reading, yaitu khalayak bisa menolak bagian yang dikemukakan oleh komunikator, di pihak lain akan menerima bagian yang lain. Oppositional position, yaitu khalayak yang mempunyai pandangan yang berbeda dengan pandangan dan pemahaman komunikator. Tipe penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dengan mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2012 sebagai subjek penelitian sebanyak 8 orang. Analisis data meliputi pengumpulan data, analisa data, interpretasi data terkait dengan tema-tema yang telah ditentukan yang kemudia dikelompokkan kedalam 3 kelompok pemaknaan yaitu dominant reading, oppositional reading dan negotiated reading. Hasil penelitian ini menunjukkan khalayak yang masuk dalam kategori dominant reading (2 orang) menyatakan bahwa ketertarikannya gaya hidup dari segi penampilannya dan dapat dijadikan sebagai panutan. Selanjutnya kategori negotiated reading (3 orang) menyatakan bahwa kesuksesan karir di usia muda Keenan Pearce dapat menjadi motivasi, namun tidak untuk berpenampilan yang mencerminkan seorang high class. Kategori oppositional reading (3 orang) menyatakan bahwa tidak ada manfaatnya Keenan Pearce melalukan publikasi aktivitasnya, terlalu pencitraan dan memperlihatkan gaya hidup yang boros.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Sep 2017 03:22
Last Modified: 17 Jan 2018 10:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35135

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo