UMM Institutional Repository

STRATEGI BRAND POSITIONING KAFE HOUTEN HAND DAN RUMAH OPA

Anwar, Firdhan Choirul (2017) STRATEGI BRAND POSITIONING KAFE HOUTEN HAND DAN RUMAH OPA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-firdhancho-47336-1-pendahul-n.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-firdhancho-47336-2-babi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-firdhancho-47336-3-babii.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-firdhancho-47336-4-babiii.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Seiring menjamurnya kafe di kota Malang, secara tidak langsung terjadi persaingan pasar. Banyak perusahaan yang masih terjebak dalam pasar massal. Tujuanya adalah memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya. Namun, tak semua kafe bisa mempertahankan eksistensinya karena konsumen diterpa banyak produk sejenis. Kafe yang menerapkan positioning lah yang mampu mempertahankan eksistensinya. Bahkan mereka tak hanya menjual produk tapi dengan menjual gaya hidup. Dalam hal ini kafe Houten Hand dan Rumah Opa melakukan sebuah strategi brand positioning dalam rangka memperoleh tempat di benak konsumenya dengan cara melakukan komunikasi pemasaran. Maka dari itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait strategi brand positioning kedua kafe tersebut. Komunikasi pemasaran menurut William G. Nickels mendefinisikan sebagai proses pertukaran informasi yang dilakukan secara persuasive sehingga proses pemasaran berjalan efektif. Sedangkan positioning menurut Philip Kotler yaitu sebagai tindakan mendesain penawaran dan citra perusahaan sehingga perusahaan dapat berada diposisi kompetitif yang bermakna dan berada di benak pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan tipe penelitian kualitatif deskriptif. Informan sebagai sumber data terpilih berdasarkan rekomendasi informan kunci. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur dan dokumentasi Hasil penelitian diketahui bahwa, strategi brand positioning kafe Houten Hand meliputi, desain ruangan, pelayanan dan produk, dan Houten Hand sebagai rumah publik. Sedangkan kafe Rumah opa melakukan brand positioning meliputi, desain ruangan, menu, dan event marketing. Sehingga keduanya mendapatkan citra positif di mata konsumen sebagai kafe indie music dan Duth in indies.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Sep 2017 02:30
Last Modified: 11 Sep 2017 02:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35132

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo