UMM Institutional Repository

Pengaruh Terpaan Online Shop Pada Medium Sosial Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi ( Studi Pada Mahasiswi Ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2013 )

Kamelia, Anisa (2017) Pengaruh Terpaan Online Shop Pada Medium Sosial Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi ( Studi Pada Mahasiswi Ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2013 ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anisakamel-47346-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anisakamel-47346-2-babi.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anisakamel-47346-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anisakamel-47346-4-babiii.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

Instagram menjadi media sosial yang banyak digunakan oleh kalangan anak muda zaman sekarang. Selain untuk media ajang eksis, Instagram saat juga menjadi media dengan peluang bisnis para penggunanya yang menjadikan akun Instagram sebagai online shop. Hal ini membuat pemilik akun Instagram terbiasa dengan belanja online. Apalagi untuk anak muda khususnya mahasiswi penampilan adalah faktor penting dalam menunjukkan identitas diri. Sehingga tak jarang belanja online saat ini bisa menjadi hobi seseorang dan memicu kedalam perilaku konsumtif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan online shop di instagram tehadap perilaku konsumtif mahasiswi dalam belanja online (Studi pada mahasiswi ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang). Teori yang digunakan adalah teori AIDDA. Dimana di dalam penelitian ini AIDDA sebagai alat ukur suatu tahapan seorang konsumen memahami suatu pesan secara ideal. Dan juga mengkombinasikan efek media massa yang berkaitan dengan perubahan sikap. Perubahan terjadi pada diri khalayak setelah mengalami terpaan suatu komunikasi massa. Perubahan ini meliputi perubahan sikap, perasaan, perilaku atau dikenal sebagai perubahan kognitif, afektif, dan behavioral. Metode penelitian ini yaitu metode survei yang bersifat ekplanatoris dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan random sampling dan jumlah subyek penelitian adalah sebanyak 67 orang mahasiswi ilmu komuniasi Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2013. Sementara teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dan analisis regresi linier sederhana. Sehingga, hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh terpaan online shop pada medium sosial Instagram memiliki proporsi pengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dalam belanja online sebesar 27,8% sedangkan sisanya 72,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terbukti yaitu terdapat pengaruh terpaan online shop di media sosial Instagram terhadap perilaku konsumtif mahasiswi ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Sep 2017 07:45
Last Modified: 08 Sep 2017 07:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35123

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo