UMM Institutional Repository

STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH PIMPINAN DAERAH AISYIYAH KOTA MALANG

Chamdiyati, Anisa (2017) STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH PIMPINAN DAERAH AISYIYAH KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anisachamd-47348-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anisachamd-47348-2-babi.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anisachamd-47348-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anisachamd-47348-4-babiii.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

Komunikasi dakwah merupakan segala hal yang dilakukan dalam dakwah itu sendiri. Sebagai pelopor organisasi wanita di Indonesia, Aisyiyah merupakan salah satu organisasi yang menerapkan komunikasi dakwah dalam berbagai bidang, dari pendidikan, kesehatan, hingga bidang ekonomi. Tantangan yang sangat besar diemban oleh organisasi wanita seperti aisyiyah untuk berdakwah dengan strategi yang menarik dalam masa sekarang.Dengan dasar tersebut peneliti merumuskan masalah bagaimana strategi komunikasi dakwah pada Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana strategi komunikasi dakwah yang dilakukan oleh Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Malang. Peneliti menggunakan teori strategi komunikasi dakwah yang dikemukakan Al-bayanuni serta penelitian terdahulu yang membahas tentang strategi komunikasi dakwah dalam skripsi Ayuni Isnaini dengan judul "Strategi Dakwah Muslimat NU, Fatimiyah, dan Aisyiyah Dalam Mengembangkan Ukhuwah Islamiyah Di Desa Bangsri Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara". Penelitian terdahulu kedua adalah skripsi milik Mustiawan dengan judul "Penerapan Komunikasi Dakwah Kultural Muhammadiyah Studi Pada Corps Muballigh Muhammadiyah Malang". Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian analisis deskriptif yaitu menggambarkan keadaan sebenarnya dan menuangkan pada penelitian ini. Dengan empat informan yang terlibat dengan aktivitas komunikasi dakwah dan dipercaya oleh peneliti dapat memberikan data akurat tentang strategi komunikasi dakwah yang dilakukan oleh Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Malang. Dengan teknik pengumpulan data wawancara kepada informan dan dokumentasi terkait strategi komunikasi dakwah Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang banyak digunakan oleh Pimpinan Daerah Aisyiyah adalah metode ceramah, diskusi, konseling dan karya tulis. Metode tersebut disertai dengan strategi komunikasi push strategy, pull strategy dan pass strategy dan diaplikasikan dalam strategi komunikasi dakwah yang digunakan oleh Aisyiyah Kota Malang yaitu strategi collective colega yang termasuk strategi rasional (al-manhaj al-aqli), strategi dakwah komunitas dan pendekatan emosional termasuk dalam strategi sentimental (al-manhaj al-athifi), serta Gerakan Jama'ah dan Dakwah Jama'ah (GJDJ) termasuk dalam strategi indrawi (al-manhaj al-hissy). Strategi tersebut memiliki kelebihan masing-masing yang dapat menjadi ciri khas Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Dakwah, Komunikasi Dakwah Aisyiyah
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Sep 2017 07:30
Last Modified: 02 Jul 2018 04:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35122

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo