UMM Institutional Repository

AKTIVITAS KOMUNIKASI ALIANSI MASYARAKAT PEDULI HUTAN KOTA MALABAR DALAM MENOLAK REVITALISASI HUTAN KOTA MALABAR (Studi Pada Aliansi Masyarakat Peduli Hutan Kota Malabar)

Wasahua, Basri (2017) AKTIVITAS KOMUNIKASI ALIANSI MASYARAKAT PEDULI HUTAN KOTA MALABAR DALAM MENOLAK REVITALISASI HUTAN KOTA MALABAR (Studi Pada Aliansi Masyarakat Peduli Hutan Kota Malabar). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-basriwasah-47349-1-pendahul-n.pdf

Download (886kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-basriwasah-47349-2-babi.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-basriwasah-47349-3-babii.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-basriwasah-47349-4-babiii.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas komunikasi yang dilakukan aliansi masyarakat peduli hutan kota malabar dalam menolak kebijakan revitalisasi hutan kota malabar yang dilakukan Pemerintah Kota Malang yang bekerja sama dengan PT Amerta Indah Otsuka dengan menggunakan dana CSR yang dianggap sebagai pembangunan yang tidak bertanggung jawab akan lingkungan hidup, dikarenakan desain revitalisasi yang layaknya seperti merevitalisasi sebuah taman kota. dengan landasan teori Edward Depari, Bernard Berelson serta Gary dalam menjelaskan tentang komunikasi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini, data diperoleh dari hasil wawancara serta arsip dokumentasi semua kegiatan yang dimiliki aliansi dan internet, teknik yang digunakan dalam penentuan subjek yaitu purposive sampling (sample tujuan) dan kriteria tertentu, analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif, dengan cara reduksi data, penyajian data, dan keabsahan data. Dari data penelitian yang telah dikumpulkan diketahui bahwa latar belakang hingga munculnya aksi penolakan dikarenakan adanya alih fungsi ekologi hutan kota menjadi fungsi rekreasi taman kota, adanya pelanggaran hukum sesuai PP No.54 Tahun 2006, RTH Kota Malang yang hanya 5% dari standarisasi RTH sebuah kota serta komersialisasi terhadap sebuah hutan kota. Selanjutnya berbagai aktivitas komunikasi dilakukan aliansi seperti kampanye sosial media, petisi online, mendesak DPRD, demo dan melayangkan surat yang berisi kronoligi kasus, pelanggaran yang dilakukan PT Otsuka dan analisa kebijkan serta hukum untuk Komjen Jepang di Surabaya, menggalang dukungan, hearing dan lobbying dengan DPRD Kota Malang, diskusi bersama. Serta pemanfaatan media sebagai senjata utama aliansi seperti media sosial, media online, media cetak, radio, televisi, video dan musik. Aksi yang dilakukan aliansi selama lima bulan mendapatkan hasil positif seperti dibukanya ruang untuk mediasi dengan Pemkot Malang, adanya dukungan yang didapatkan dari DPRD Kota Malang, adanya perubahan bentuk desain revitalisasi hingga tidak adanya penebangan pohon.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Sep 2017 07:09
Last Modified: 08 Sep 2017 07:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35121

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo