UMM Institutional Repository

PERILAKU MAHASISWA DALAM MENYIKAPI PEMBERITAAN HOAX DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2013 yang Menerima Pemberitaan Hoax Terkait Isu Corporate Nasional)

Mahardika, Yeha Regina Citra (2017) PERILAKU MAHASISWA DALAM MENYIKAPI PEMBERITAAN HOAX DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2013 yang Menerima Pemberitaan Hoax Terkait Isu Corporate Nasional). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yeharegina-47463-1-pendahul-n.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yeharegina-47463-2-babi.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yeharegina-47463-3-babii.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yeharegina-47463-4-babiii.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya pemberitaan hoax di media sosial yang semakin meresahkan banyak pihak karena menyebabkan penipuan, kerugian,kepanikan publik, hingga memicu konflik. Mahasiswa sebagai generasi Internet yang melek akan teknologi digital semestinya jauh lebih cerdas dalam memanfaatkan sebuah media dan menerima informasi,tak terkecuali dalam menyikapi berita hoax. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan perilaku mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2013 dalam menyikapi pemberitaan hoax di Facebook terkait isu corporate nasional yang beredar pada periode Desember 2016- Februari 2017. Selanjutnya, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.Teknik penentuan subyek penelitian melalui teknik purpossive sampling. Sedangkan, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi hasil track record Facebook keduabelas subyek penelitian selama periode Desember 2016-Februari 2017. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi metode, yakni dengan jalan membandingkan hasil wawancara dengan dokumentasi yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 12 subyek penelitian, ada beberapa perilaku yang ditunjukkan mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam menyikapi pemberitaan hoax terkait isu corporate nasional, meliputi: 1) Membaca judulnya saja lalu mengabaikannya, 2)Membaca judul dan isinya kemudian disimpan sendiri informasinya sambil menunggu klarifikasi orang lain, 3)Meneliti isi berita kemudian mengkroscek ulang dengan berita pembanding yang didapatkan dari situs resmi atau akun media sosial lainnya, 4) setelah mengetahui itu hoax turut mengomentari temannya yang membagikan hoax, 5) turut membagikan berita klarifikasi perusahaan tersebut pada postingannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Sep 2017 06:41
Last Modified: 08 Sep 2017 06:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35119

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo