UMM Institutional Repository

REPRESENTASI PENYESALAN DALAM VIDEO CLIP MUSIK (ANALISIS SEMIOTIK DALAM VIDEO CLIP IWAN FALS & NOAH "YANG TERLUPAKAN")

Prayogo, Andhika (2017) REPRESENTASI PENYESALAN DALAM VIDEO CLIP MUSIK (ANALISIS SEMIOTIK DALAM VIDEO CLIP IWAN FALS & NOAH "YANG TERLUPAKAN"). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andhikapra-47464-1-pendahul-n.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andhikapra-47464-2-babi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andhikapra-47464-3-babii.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andhikapra-47464-4-babiii.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Manusia adalah makhluk sosial, mereka akan berkomunikasi dengan siapapun untuk melangsungkan hidupnya. Komunikasi yang dilakukan tidak hanya secara tatap muka atau bertemu fisik, melainkan dengan cara tersirat pun mereka bisa berkomunikasi. Video klip merupakan medium audio visual yang digunakan untuk para pembuatnya sebagai medium komunikasi dan berekpsresi, lantas tidak heran banyaknya video klip yang dibuat bukan hanya sebagai sarana promosi musik tersebut, melainkan untuk mereka berekspresi menyampaikan pesan yang ingin pembuat sampaikan kepada khalayak. Khalayak yang menontonya pun akan lebih larut kepada lagu yang mereka sampaikan lewat lirik yang diperkuat oleh visual. Video klip yang menjadi objek penelitian ini adalah video klip Iwan Fals & NOAH yang berjudul "Yang Terlupakan" garapan sutradara Sakti Marendra. Video klip ini menggambarkan Iwan Fals dan Ariel yang di tiap adegan nya bermuka lesu dan murung seakan akan mereka tampak menyesal dengan apa yang telah mereka lakukan. Adegan dalam video klip tersebut tidak seluruhnya memperlihatkan muka murung, ada beberapa adegan Iwan Fals tersenyum gembira ketika bermain-main dengan anak kecil yang ia temui di kebun teh yang luas. Secara garis besar, video ini merepresentasikan tentang makna Yang Terlupakan dari masing-masing individu. Menyesali seluruh perbuatan yang telah mereka lakukan untuk dijadikan sebuah pelajaran agar hidup menjadi lebih baik lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi dan konotasi yang berada dalam video klip Yang Terlupakan. Serta interprestasi apa yang muncul dalam hasil analisa video klip tersebut.Video klip umumnya dibangun dengan banyak tanda. Tanda-tanda itu termasuk berbagai sistem tanda yang bekerja sama dengan baik dalam upaya mencapai efek yang diharapakan. Karena sebuah video klip pada dasarnya bisa melibatkan bentuk-bentuk symbol visual dan linguistik untuk mengodekan pesan yang ingin disampaikan. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data-data melalui observasi, menonton video tersebut yang dianalisis menggunakan teori Roland Barthes. Barthes mengembangkan semiotic menjadi dua tingkat penandaan, yaitu denotasi dan konotasi yang menghasilkan makna eksplisit untuk memahami makna yang terkandung dalam video klip ini. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti menarik kesimpulan bahwa video klip Iwan Fals & NOAH "Yang Terlupakan" memiliki makna denotasi yang menggambarkan kefrustasian seseorang ketika menghadapi orang-orang yang mereka anggap menganggu. Sedangkan konotasinya, menggambarkan tentang penyesalan Iwan Fals dan Ariel NOAH terhadap masa lalunya.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Uncontrolled Keywords: video klip, Iwan Fals, NOAH, semiotik, penyesalan, representasi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 07 Sep 2017 09:24
Last Modified: 02 Jul 2018 03:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35117

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo