UMM Institutional Repository

ANALISIS PERANAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMAN 4 MALANG

FEBRIANTI, ARTARI (2017) ANALISIS PERANAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMAN 4 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-artarifebr-48329-1-pendahul-n.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-artarifebr-48329-2-babi.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-artarifebr-48329-3-babii.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-artarifebr-48329-4-babiii.pdf

Download (634kB) | Preview

Abstract

Di dalam pelaksanaan pendidikan, orang tua mempunyai tanggung jawab yang utama dan pertama, meskipun anak sudah bersekolah tetapi kebutuhan dan tangung jawab berada di pihak orang tua. Pendidikan yang diterima oleh anak di sekolah relatif singkat, karena keterbatasan waktu dan perhatian guru secara individual. Oleh karena itu untuk meningkatkan mutu pendidikan anak di sekolah perlu ditunjang dengan kegiatan belajar di rumah dengan cara mengulang dan mempelajari kembali pelajaran yang diterima di sekolah serta mengerjakan pekerjaan rumah. Tujuan penelitian tersebut untuk mengetahui (1) peranan orang tua siswa dalam menyediakan fasilitas yang diperlukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (2) kesulitan yang dihadapi orang tua dalam rangka membantu meningkatkan prestasi belajar siswa, (3) dampak peranan dan motivasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah Orang Tua Siswa dan Siswa. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data, Sugiyono (2004: 333) teknik pengumpulan data yang bermacam-macam (triangulasi), dan dilakukan secara terus menerus sampai datanya jenuh, Sedangkan Bogdan (dalam Sugiyono, 2004: 334), bahwa analisis data adalah proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan bahan-bahan lain, sehingga dapat mudah difahami, dan temuannya dapat diinformasikan kepada orang lain. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan komfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) adanya peranan orang tua siswa dalam menyediakan fasilitas, (2) adanya kesulitan dalam membantu meningkatkan prestasi belajar pada anaknya seperti kurang adanya waktu orang tua tehadap anak atau kesibukan orang tua tersebut, adanya kendala terhadap SDM dan kurangnya pendidikan tinggi sehingga orang tua tidak semua menguasai pelajaran anaknya, (3) dampak peranan dan motivasi dari orang tua, siswa belajar lebih giat untuk mendapatkan prestasi yang diinginkan dan akan menggapai cita-cita yang akan dicapainya kelak, siswa bisa menjadi disiplin, termotivasi belajar, mendapatkan pengarahan, peringatan dan mengontrol aktivitasnya, mendapatkan dukungan dari orang tua, dan orang tua memberi penghargaan terhadap anaknya, sehingga anak menjadi giat belajar, mendapatkan nilai yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 30 Aug 2017 07:08
Last Modified: 30 Aug 2017 07:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35070

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo