UMM Institutional Repository

STRATEGI IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEWARGANEGARAAN SISWA DI SMP NEGERI 5 MALANG

HANDAYANI, RATRINING TIYAS (2017) STRATEGI IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEWARGANEGARAAN SISWA DI SMP NEGERI 5 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratriningt-48331-1-pendahul-n.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratriningt-48331-2-babi.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratriningt-48331-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratriningt-48331-4-babiii.pdf

Download (628kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, pendidikan di Indonesia menggunakan Kurikulum 2013. NKRI dalam konsteks proses reformasi menuju Indonesia baru dengan konsepsi masyarakat madani sebagai tatanan ideal sosial-kultural, pendidikan kewarganegaraan (civic education) secara umum memiliki visi formal-pedagogis untuk mendidik warga negara yang demokratis dalam konteks pendidikan formal, sedangkan misi yang diemban adalah sosio-pedagogis, sosio-kultural dan substantive-akademis. Dalam pendidikan kewarganegaraan yang menjadi jantung dan benang emas yang mengikat unsur-unsur dalam membangun tatanan yang koheren dari semua sub sistem pendidikan kewarganegaraan adalah tiga komponen utama, yaitu : pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), ketrampilan kewarganegaraan (civic skills), dan karakter kewarganegaraan (civic dispositions) yang seharusnya dikuasai oleh setiap individu sebagai warga negara. Permasalahan yang diambil ialah untuk mengetahui strategi implementasi pendekatan saintifik dalam meningkatkan kompetensi kewarganegaraan siswa, faktor pendukung, dan penghambat beserta solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hamabatan yang dialami. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi secara langsung, mendokumentasi hal-hal yang berkaitan dengan penelitian dan wawancara mendalam pada tujuh informan. Data dianalisis secara kualitatif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi implementasi pendekatan saintifik dalam meningkatkan kompetensi kewarganegaraan siswa melalui kegiatan-kegiatan utama yang telah terjadwal secara full day. Civic Knowledge siswa dapat dilihat dalam kegiatan, yaitu : (1) Pembiasaan yaitu berdoa. (2) Kegiatan intrakurikuler dengan pendekatan saintifik dalam langkah mengamati dan menanya. Civic Skill siswa dapat dilihat dalam kegiatan, yaitu : (1) Pembiasaan yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya. (2) Kegiatan dengan pendekatan saintifik pada langkah menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasi. (3) Kegiatan kokurikuler penugasan dan refleksi. Civic Disposition siswa dapat dilihat dalam kegiatan, yaitu : (1) Kegiatan Pembiasaan literasi, (2) Kegiatan intrakurikuler dengan pendekatan saintifik pada langkah mengasosiasi dan mengkomunikasi, (3) Kegiatan kokurikuler penugasan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 30 Aug 2017 06:53
Last Modified: 30 Aug 2017 06:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35068

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo