UMM Institutional Repository

KONSERVASI TANAMAN ULIN (Eusideroxylon zwageri) DI KOTA BALIKPAPAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI

DINIY, ELGI ZULFAKAR (2017) KONSERVASI TANAMAN ULIN (Eusideroxylon zwageri) DI KOTA BALIKPAPAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elgizulfak-47843-1-pendahul-n.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elgizulfak-47843-2-bab1.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elgizulfak-47843-3-babii.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elgizulfak-47843-4-babiii.pdf

Download (731kB) | Preview

Abstract

Ulin (Eusideroxylon zwageri) merupakan salah satu jenis tanaman endemik Kalimantan yang mempunyai nilai sosial, budaya dan ekonomi yang tinggi. Kualitas kayu ulin yang masuk dalam kayu keras kelas 1 dan kayu awet kelas 1 membuat kayu ulin semakin diminati. Tingginya permintaan pasar tidak diimbangi dengan upaya pelestarian untuk menjaga keberadaannya, ditambah lagi dengan pertumbuhan ulin yang dikategorikan sangat lambat membuat keberadaan ulin semakin mengkhawatirkan. Potensi ulin sebagai pohon induk di alam tergolong rendah, yakni berkisar antara 22,11% hingga 32,30% dari populasi yang ada. Aktivitas pembukaan lahan pada tahun 1952-1970an serta illegal logging juga menjadi salah satu penyebab menurunnya jumlah ulin di Kalimantan khususnya di Balikpapan. Melihat semakin semakin menurunnya jumlah ulin di Kalimantan, maka perlu adanya kesadaran masyarakat baik kalangan pembudidaya, masyarakat awam, pemerintah, orang tua hingga anak-anak untuk bersama-sama melestarikan ulin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis dalam penelitian ini menggunakan triangulasi, yakni membandingkan antara data wawancara, dokumentasi dengan studi pustaka dengan tujuan memperoleh data pemanfaatan dan perlindungan terhadap kayu ulin di Balikpapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pohon ulin banyak dimanfaatkan untuk kehidupan masyarakat adat dan masyarakat umum kota Balikpapan, diantaranya sebagai bahan pembuatan rumah diatas air oleh masyarakat pesisir pantai kota Balikpapan, sebagai alat untuk peribadahan serta untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari masyarakat adat Suku Dayak. Upaya perlindungan dan pelestarian pohon ulin telah dilakukan oleh pemerintah melalui pengelolaan Hutan Lindung Sungai Wain dan Kebun Raya Balikpapan, selain itu juga melalui upaya perorangan seperti pengelolaan ulin di daerah Teritip. Hal yang perlu diperhatikan dalam membudidayakan ulin adalah pada tahap pemilihan bibit, penanaman dan pemeliharaan. Adapun hasil penelitian dikembangkan menjadi sumber belajar biologi dalam bentuk buku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 29 Aug 2017 07:54
Last Modified: 29 Aug 2017 07:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35061

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo