UMM Institutional Repository

PENGARUH KONSENTRASI PATI UBI JALAR SEBAGAI EDIBLE COATING DAN LAMA PENYIMPANAN TERHADAP KUALITAS BUAH APEL ANNA (Dikembangkan Sebagai Sumber Belajar SMA/SMK Kelas X)

WIDAYANTI, RATNA (2017) PENGARUH KONSENTRASI PATI UBI JALAR SEBAGAI EDIBLE COATING DAN LAMA PENYIMPANAN TERHADAP KUALITAS BUAH APEL ANNA (Dikembangkan Sebagai Sumber Belajar SMA/SMK Kelas X). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratnawiday-47405-1-pendahul-.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratnawiday-47405-2-babi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratnawiday-47405-3-babii.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratnawiday-47405-4-babiii.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Apel adalah salah satu buah yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Buah apel mempunyai kandungan air dan vitamin yang tinggi, serta kalori yang cukup kecil. Buah memiliki masa simpan yang relatif rendah sehingga buah dikenal sebagai bahan pangan yang cepat rusak dan hal ini sangat berpengaruh terhadap kualitas masa simpan buah. Edible coating adalah lapisan tipis yang dibuat dari bahan yang dapat dimakan, dibentuk, melapisi makanan yang berfungsi sebagai penghalang terhadap perpindahan massa dan meningkatkan penanganan suatu makanan.Ubi jalar mengandung pati yang cukup tinggi yaitu 28,10% dengan kandungan amilosa 20-25% yang termasuk salah satu hidrokoloid sebagai komponen utama penyusun edible coating, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan coating. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi pati ubi jalar sebagai edible coating dan lama penyimpanan terhadap kualitas buah apel Anna, dan mengetahui aplikasi penggunaan edible coating dari pati ubi jalar sebagai sumber belajar SMA/SMK kelas X. Penelitian ini mengunakan penelitian eksperimen sesungguhnya, dengan desain Factorial Design ,analisis data yang digunakan uji anova 2 jalan dilanjutkan dengan uji Duncan. Dalam penelitian ini digunakan edible coating dari pati ubi jalar dengan konsentrasi 1%, 2% dan 3%.. Edible coating selanjutnya diaplikasikan di buah apel dengan teknik pencelupan. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsentrasi pati ubi jalar sebagai edible coating dan lama penyimpanan sebagai edible coating berpengaruh terhadap kualitas buah apel Anna yang ditunjukan dengan adanya perlakuan terbaik yaitu konsentrasi 3% dan lama penyimpanan 5 hari. Hasil penelitian dimanfaatkan menjadi LKS (Lembar Kerja Siswa) SMA/SMK kelas X pada materi pengolahan dan pengawetan bahan nabati.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Aug 2017 08:23
Last Modified: 28 Aug 2017 08:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35047

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo