UMM Institutional Repository

PENGARUH WAKTU APLIKASI DAN PEMBERIAN BERBAGAI DOSIS PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT CABE JAMU (Piper retrofractum Vahl.)

Musthofa, Luqman (2017) PENGARUH WAKTU APLIKASI DAN PEMBERIAN BERBAGAI DOSIS PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT CABE JAMU (Piper retrofractum Vahl.). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-luqmanmust-48492-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-luqmanmust-48492-2-babi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-luqmanmust-48492-3-babii.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-luqmanmust-48492-4-babiii.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

Cabe Jamu (Piper retrofractum Vahl) menjadi salah satu komoditi ekspor tanaman obat yang cukup diminati dipasaran internasional. Sejalan dengan kebutuhan buah Cabe Jamu yang terus meningkat maka para petani mulai tertarik membudidayakan tanaman Cabe dalam jumlah yang banyak. Namun, terdapat kesulitan yang dialami petani dalam pengadaan bibit dari bahan stek. Stek yang ditanam cepat mengalami kelayuan dan pertumbuhannya relatif lambat. Kesulitan lain pembibitan melalui stek membutuhkan waktu yang relatif lama yaitu sekitar 5 bulan. Salah satu teknologi yang dapat digunakan dalam mengatasi hal tersebut adalah pemupukan yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pupuk organik cair terhadap pertumbuhan bibit tanaman Cabe Jamu, serta mengetahui dosis pupuk dan waktu aplikasi pupuk organik cair yang tepat dalam meningkatkan pertumbuhan bibit tanaman Cabe Jamu. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial yang diulang sebanyak 3 kali. Faktor pertama yaitu dosis pupuk cair yang terdiri dari 4 taraf perlakuan D1 : 1 ms/cm, D2 : 2 ms/cm, D3 : 3 ms/cm, D4 : 4 ms/cm. Faktor kedua yaitu waktu aplikasi pupuk organik cair yang terdiri dari 3 taraf perlakuan yaitu W1 : 1 minggu sekali, W2 : 2 minggu sekali, W3 : 3 minggu. Sehingga terdapat 12 kombinasi perlakuan dan masing – masing kombinasi perlakuan terdiri dari 3 sampel tanaman. Variabel yang diamati antara lain: panjang bibit, jumlah daun, jumlah primordia daun, jumlah buku, jumlah cabang primer dan jumlah cabang sekunder. Tidak terjadi interaksi antara dosis dan waktu aplikasi pupuk organik cair, hanya dosis 1 ms/cm yang berpengaruh nyata terhadap jumlah cabang primer dan cabang sekunder. Namun pengaruh cabang sekunder hanya terjadi diawal pertumbuhan. Dosis pupuk organik cair memberikan pengaruh yang hampir sama terhadap cabang primer dan cabang sekunder dibandingkan dengan tanpa perlakuan.Waktu aplikasi pupuk organik cair tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan bibit cabe jamu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Agronomy (54211)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 24 Aug 2017 06:22
Last Modified: 24 Aug 2017 06:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35024

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo