UMM Institutional Repository

ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA PT. ANAK LAUT NOREH SRESEH SAMPANG MADURA

Ruki, Fathul Ahyar (2017) ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA PT. ANAK LAUT NOREH SRESEH SAMPANG MADURA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fathulahya-47614-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fathulahya-47614-2-babi.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fathulahya-47614-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fathulahya-47614-4-babiii.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh setiap perusahaan adalah persaingan usaha. Adapun kemampuan untuk dapat bersaing, salah satunya dapat dilihat dari baik tidaknya kondisi perusahaan. Mengenai kinerja perusahaan yang juga mencerminkan tingkat kesehatan dari suatu perusahaan. Untuk mengetahui kinerja perusahaan dapat dilakukan dengan pengukuran atau penilaian kinerja perusahaan. Sedangkan untuk menilai kinerja perusahaan salah satunya dengan menganalisis laporan keuangan perusahaan untuk menilai keadaan keuangan perusahaan dimasa lalu, saat ini, dan kemungkinannya dimasa yang akan datang. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah, Bagaimana kinerja keuangan yang dilakukan oleh PT. Anak Laut Noreh Sreseh Sampang?. Sedangkan batasan masalahnya difokuskan pada laporan keuangan (khususnya laporan laba rugi atau laporan perhitungan sisa hasil usaha dan neraca) pada 2014 sampai 2015. Penelitian ini hanya menilai kinerja dalam pengelolaan aspek keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan PT. Anak Laut. Laporan keuangan adalah laporan tertulis yang memberikan informasi kuantitatif tentang posisi keuangan dan perubahan-perubahannya, serta hasil yang dicapai selama periode tertentu. Posisi keuangan memberikan gambaran tentang bagaimana susunan kekayaan yang dimiliki perusahaan dan sumber-sumber kekayaan itu didapat. Tujuannya untuk memberikan informasi tentang posisi keuangan, kinerja, dan arus kas perusahaan yang bermanfaat bagi sebagian besar kalangan pengguna laporan dalam rangka membuat keputusan-keputusan ekonomi serta menunjukkan pertanggungjawaban (stewardship) manajemen atas penggunaan sumber-sumber daya yang dipercayakan kepada mereka. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah studi kasus. Sedangkan Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Data tersebut berupa laporan keuangan PT. Anak Laut yang meliputi neraca dan laporan laba rugi atau yang biasa disebut sebagai laporan perhitungan sisa hasil usaha. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah: Rasio Likuiditas (Current Ratio dan Acid Test Ratio), Rasio Leverage (Debt Ratio dan Time Interest Earned Ratio), Rasio Aktivitas (Perputaran Piutang, Periode Pengumpulan Piutang, Perputaran Persediaan, Perputaran Aset Tetap, dan Perputaran Total Aset) dan Rasio Profitabilitas (Gross Profit Margin, Net Profit Margin, Return on Invesment, dan Return on Equity). Setelah dilakukan pengkajian dan analisis, hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja keuangan yang dilakukan oleh PT. Anak Laut Noreh Sreseh Sampang pada tahun 2015 rata-rata mengalami penurunan jika dibandingkan dengan kinerja keuangan pada periode tahun 2014, akan tetapi penurunan tersebut dapat ditoleransi karena masih di atas batas ideal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (62201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 24 Aug 2017 03:39
Last Modified: 24 Aug 2017 03:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35017

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo