UMM Institutional Repository

Pengaruh Konsentrasi Gula Pasir terhadap Kualitas Gizi Nata de Belimbi sebagai Sumber Belajar Biologi

Widowati, Ajeng Putri (2017) Pengaruh Konsentrasi Gula Pasir terhadap Kualitas Gizi Nata de Belimbi sebagai Sumber Belajar Biologi. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ajengputri-46381-1-pendahul-s.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ajengputri-46381-2-babi.pdf

Download (460kB) | Preview

Abstract

Keyword : Konsentrasi Gula Pasir, Nata de Belimbi, Kualitas Gizi Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi Linn.) banyak ditemui sebagai tanaman pekarangan yang mudah ditanam dan tidak memerlukan perawatan khusus. Kemampuan tanaman ini untuk menghasilkan buah sepanjang tahun tidaklah sebanding dengan pemanfaatannya, sehingga banyak buah segar yang terbuang sia-sia. Pengolahan belimbing wuluh menjadi berbagai produk olahan memiliki tujuan menyelamatkan hasil panen yang melimpah, sehingga terhindar dari buah belimbing yang busuk, salah satu contoh produk olahan belimbing yakni nata. Nata sangat berperan dalam proses pencernaan makanan yang terjadi dalam usus halus dan penyerapan air dalam usus besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh berbagai konsentrasi gula pasir terhadap kualitas gizi nata de belimbi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment Design dan design yang digunakan adalah Randomized Control Group Posttest Only Design, yaitu penelitian dengan adanya kelompok perlakuan (experiment) dan kelompok kontrol yang tidak sepenuhnya mempengaruhi hasil eksperimen. Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 5 perlakuan (10%, 12%, 14% , 16%dan 18%) dan diulang sebanyak 5 kali. Sampel dalam penelitian ini adalah nata de belimbi yang dibuat di Pusbang Bioteknologi Universitas Muhammdiyah Malang. Data hasil uji kualitas gizi dianalisis dengan Anava 1 faktor, dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh berbagai konsentrasi gula pasir terhadap kualitas gizi nata de belimbi dan hasil uji DuncanÂ’s 5% menunjukkan bahwa pada perlakuan konsentrasi gula pasir A5 (18%) yang mempengaruhi paling optimal kualitas gizi nata de belimbi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 17 Mar 2017 07:40
Last Modified: 17 Mar 2017 07:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34918

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo