UMM Institutional Repository

Identifikasi Ektoparasit pada Kucing Peliharaan Ras Anggora dan Persia Di Kecamatan Dau dan Di Pasar Hewan Kota Malang (Dikembangkan Sebagai Sumber Belajar Biologi Kelas X )

Rosyida, Ruli Alfi Mei (2017) Identifikasi Ektoparasit pada Kucing Peliharaan Ras Anggora dan Persia Di Kecamatan Dau dan Di Pasar Hewan Kota Malang (Dikembangkan Sebagai Sumber Belajar Biologi Kelas X ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rulialfime-46438-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rulialfime-46438-2-babi.pdf

Download (665kB) | Preview

Abstract

Keyword : Kucing Ras Anggora, Kucing Ras Persia, Ektoparasit, Preparat Wholemount Kucing adalah hewan yang paling digemari di dunia terutama kucing ras yaitu anggora dan persia. Kendala yang dihadapi dalam pemelihara kucing adalah masalah ektoparasit, sehingga dapat menurunkan kualitas kucing. Kucing merupakan inang sejati dari parasit. Mengingat kucing ras sangat sensitif terhadap penyakit, jika kebersihan kucing tidak terjaga dengan baik. Banyaknya kucing ras ini yang dipelihara tetapi masih kurang terawat dengan baik maka dilakukanlah penelitian ektoparasit pada kucing ras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan jenis dan jumlah ektoparasit pada Kucing Ras Angora dan Ras Persia di Kecamatan DAU dan di Pasar Hewan Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah ektoparasit yang ditemukan pada (10 Kucing Ras Anggora dan 10 Kucing Ras Persia) di Kecamatan DAU dan di Pasar Hewan Splendit Kota Malang. Cara untuk mengetahui jenis ektoparasit yang ditemukan yaitu menggunakan pengamatan preparat dengan bantuan mikroskop. Pembuatan preparat ini menggunakan metode preparat wholemount (preparat utuh). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua kucing ras terinfestasi ektoparasit. Pada kucing ras anggora di Pasar Hewan ditemukan 8 spesies kelompok pinjal Ctenocephalides felis. Pada kucing ras Persia di Pasar Hewan ditemukan 4 ektoparasit spesies pinjal Ctenocephalides felis. Pada kucing angora di Kecamatan DAU ditemukan 3 ektoparasit spesies pinjal Ctenocephalides felis dan pada kucing Persia di Kecamatan DAU tidak ditemukan ektoparasit. Jumlah ektoparasit yang ditemukan pada kucing ras di Pasar Hewan lebih banyak dari pada kucing ras di Kecamatan DAU. Pada kucing ras keseluruhan di Pasar hewan ditemukan 12 ektoparasit dan di Kecamatan DAU 3 ektoparasit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 14 Mar 2017 07:00
Last Modified: 14 Mar 2017 07:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34906

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo