UMM Institutional Repository

"Studi Keanekaragaman Serangga Tanah Pada Berbagai Tingkat C-Organik Tanah Di Perkebunan Mangga Desa Pohjentrek Kota Pasuruan Sebagai Sumber Belajar Biologi"

Pradasari, (2017) "Studi Keanekaragaman Serangga Tanah Pada Berbagai Tingkat C-Organik Tanah Di Perkebunan Mangga Desa Pohjentrek Kota Pasuruan Sebagai Sumber Belajar Biologi". Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pradasarim-46445-1-pendahul-i.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pradasarim-46445-2-babiha-h.pdf

Download (723kB) | Preview

Abstract

Serangga merupakan kelompok hewan dengan jumlah spesies terbesar dari seluruh spesies yang ada di bumi ini, mempunyai berbagai macam peranan dan keberadannya ada di mana-mana, sehingga menjadikan serangga sangat penting dalam ekosistem dan kehidupan manusia. Serangga tanah merupakan salah satu kelompok yang sering dilupakan, padahal kehidupan kelompok ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan keadaan lingkungan tempat hidup.. Pengkajian akan menjadi lebih bermanfaat apabila dikaitkan dengan peran serangga tanah itu sendiri di dalam ekosistem. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan ini diharapakan dapat digunakan sebagai sumber belajar berupa bahan ajar yang bisa di implementasikan dalam mata pelajaran biologi khususnya materi Keaanekaragaman Hayati. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantiatif. Penelitian ini dilaksanakan pada 9 April 2016 sampai dengan 25 Juli 2016 di Kawasan Perkebunan Mangga Desa Pohjentrek kota Pasuruan Jawa Timur dengan metode jebakan (Pitfall Trap). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks keanekaragaman jenis, indeks nilai penting dan indeks kemerataan yang dilakukan pada lokasi penelitian. Data yang dikumpulkan dengan melakukan observasi atau pengamatan langsung terhadap populasi yang diselidiki. Jenis-jenis serangga tanah yang ditemukan di lokasi Perkebunan Mangga Desa Pohjentrek Kota Pasuruan yang terkoleksi terdiri dari 1 kelas dengan 6 Bangsa dan tergolong dalam 13 Suku 6 Marga dan 6 Jenis. Jenis yang diketemukan adalah P. Americana, Camponotus sp, Cicindela sp, Leptocorisa sp, Gryllus sp, dan Locusta sp. Nilai indeks keanekaragaman termasuk dalam kategori keanekaragaman rendah yaitu 1,886, 1,997 dan 2,113 termasuk kedalam kategori keanekaragaman sedang. Keanekaragaman serangga tanah pada tingkat C-Organik yang tinggi lebih banyak dari pada keanekaragaman serangga tanah pada C-Organik Tanah yang rendah. Hasil penelitian ini digunakan sebagai sumber belajar biologi berupa buku saku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 14 Mar 2017 02:40
Last Modified: 18 Jan 2018 09:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34902

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo