UMM Institutional Repository

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PROSES BERPIKIR DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF INQUIRY BERDASARKAN TAHAPAN VAN HIELE PADA MATERI GEOMETRI SMP

LUFIANA, LISA (2016) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PROSES BERPIKIR DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF INQUIRY BERDASARKAN TAHAPAN VAN HIELE PADA MATERI GEOMETRI SMP. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lisalufian-45947-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lisalufian-45947-2-babi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keyword : Model Pembelajaran kooperatif Inquiry, Tahapan Van Hiele, Aktivitas peserta didik dan guru, Komunikasi matematis, Proses Berpikir Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: penerapan pembelajaran, tingkat aktivitas guru dan peserta didik pada pembelajaran kooperatif Inquiry berdasarkan tahapan Van Hiele, kemampuan komunikasi matematis, proses berpikir peserta didik pada pembelajaran kooperatif Inquiry berdasarkan tahapan Van Hiele. Jenis penelitan ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah siswa kelas IX Mts Al-Hidayah dan guru. Data diambil melalui observasi aktivitas guru dan peserta didik, tes tulis kemampuan komunikasi matematis dan wawancara. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Inquiry berdasarkan tahapan Van Hiele pada pembelajaran geometri terlaksana dengan baik sesuai dengan sintak pembelajaran yang sudah direncanakan. Aktivitas guru dan peserta didik pada setiap kegiatan dikatagorikan baik. Kemampuan komunikasi peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Inquiry berdasarkan tahapan Van Hiele telah mencapai tingkat penguasaan baik, dengan perolehan yang tergolong tinggi pada aspek mengekpresikan ide, respresentasi konsep dan menyajikan ide. Proses berpikir peserta didik juga tergolong baik dengan dengan kemampuan mengutarankan apa yang mereka pikirkan dengan menjawab pertanyaan yang diajukan dengan relevan dan sesuai dengan materi yang dibahas. Maka dapat disimpulakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Inquiry berdasarkan tahapan Van Hiele pada pembelajran geometri telah mencapai rata-rata dengan katagori baik untuk setiap variabel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 13 Mar 2017 08:02
Last Modified: 13 Mar 2017 08:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34890

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo