UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MENGGUNKAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 11 MALANG

ADAWIYAH, RAUDATUL (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MENGGUNKAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 11 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-raudatulad-46177-1-pendahul-n.pdf

Download (913kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-raudatulad-46177-2-babi.pdf

Download (801kB) | Preview

Abstract

Keyword : pembelajaran kooperatif tipe TGT, strategi TTW, aktivitas, kemampuan komunikasi matematik dan hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) aktivitas belajar siswa, (2) kemampuan komunikasi siswa dan (3) hasil belajar siswa pada pembelajaran TGT menggunakan strategi TTW. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diambil adalah hasil observasi aktivitas belajar siswa, kemampuan komunikasi matematik siswa dan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-G di SMP Negeri 11 Malang, yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas VII-G yang berjumlah 33 siswa dan yang menjadi guru adalah peneliti sendiri. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa persentase nilai rata-rata aktivitas siswa dari pertemuan I sampai pertemuan IV adalah 78,4% maka aktivitas siswa selama pembelajaran termasuk kategori “sangat baik”. Untuk kemampuan komunikasi matematik siswa dibagi menjadi dua yaitu komunikasi lisan dan komunikasi tertulis. Rata-rata persentase kemampuan komunikasi matematik lisan siswa dari pertemuan I sampai pertemuan IV adalah 74% dengan kategori “baik”. Sedangkan Rata-rata persentase kemampuan komunikasi matematik tulis siswa dari pertemuan I sampai pertemuan IV adalah 75% dengan kategori “baik”. Hasil belajar siswa belum mencapai standart ketuntasan klasikal karena persentase ketuntasan hasil belajar yang didapat dalam penelitian ini adalah 60,6%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar dapat dilakukan penelitian dengan mengoreksi kekurangan dan lebih memperhatikan waktu dalam pelaksanaan penelitian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 13 Mar 2017 07:23
Last Modified: 13 Mar 2017 07:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34880

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo