UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT MENGGUNAKAN MODEL CONCEPT SENTENCE PADA MATERI BAHASA INDONESIA KELAS I TEMA "KEGEMARANKU" SUBTEMA GEMAR BEROLAHRAGA SDN MOJOREJO 01 BATU

Nurhayati, Mei (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT MENGGUNAKAN MODEL CONCEPT SENTENCE PADA MATERI BAHASA INDONESIA KELAS I TEMA "KEGEMARANKU" SUBTEMA GEMAR BEROLAHRAGA SDN MOJOREJO 01 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-meinurhaya-46617-1-pendahul-n.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-meinurhaya-46617-2-bab1.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

Siswa Kelas I SDN Mojorejo 01 Batu dalam proses pembelajaran menulis kalimat, siswa kurang paham dalam hal unsure-unsur yang harus ada dalam menulis kalimat dan penempatan unsure-unsur kalimat. Banyak siswa yang belum mencapai standart Ketuntasan yang ditentukan sekolah dan belum bisa menulis kalimat sesuai dengan unsure-unsur kalimat secara benar. Kesulitan yang lain dalam penulisan kalimat masih kurang tepat dalam penempatan unsure-unsur kalimat. Kondisi tersebut menyebabkan rendahnya hasil pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada keterampilan menulis kalimat sehingga siswa sulit untuk memperoleh nilai yang sesuai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis kalimat dengan menggunakan model Concept Sentence. Penelitian tindakan kelas dengan desain Siklus PTK model Wardani Subjek dan penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Mojorejo 01 Batu berjumlah siswa 29 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Data-data dalam penelitian diperoleh dari hasil observasi, tes, catatan lapang, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara Kualitatif dan Kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model Concept Sentence merupakan salah satu ragam pembelajaran aktif yang dilakukan dengan menyajikan beberapa kata kunci dimana kata kunci tersebut minimal 4 kata kunci seseuai dengan materi yang disajikan, kemudian kata kunci tersebut disusun menjadi beberapa kalimat dalam kelompok dan didiskusikan kembali secara pleno. Sedangkan pada Ketuntasan hasil menulis kalimat klasikal siswa pada siklus I yaitu 18 atau 69,2% siswa yang tuntas sedangkan 8 atau 30,7% siswa tidak tuntass. Sedangkan pada siklus II 20 atau 83,3% siswa tuntas dan 4 atau 16,6% siswa tidak tuntas. Sehingga terlihat peningkatan hasil belajar siswa yaitu 69,2% meningkat menjadi 83,3%. Berdasarkan hasil tersebut di simpulkan bahwa dengan menggunakan model Concept Sentence dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis kalimat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Feb 2017 04:57
Last Modified: 18 Jan 2018 09:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34878

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo