UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA JAMPUDIK (JAM PUTAR CERDIK) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA KEGIATANKU SEHARI-HARI KELAS II SEKOLAH DASARDI SD MUHAMMADIYAH 4 BATU

NOVIANI, LITA FRINA (2017) PENGEMBANGAN MEDIA JAMPUDIK (JAM PUTAR CERDIK) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA KEGIATANKU SEHARI-HARI KELAS II SEKOLAH DASARDI SD MUHAMMADIYAH 4 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-litafrinan-46618-1-pendahul-n.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-litafrinan-46618-2-babi.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Keyword : pengembangan, media, jampudik, tematik Media pembelajaran merupakan bagian dari ketercapaian tujuan pembelajaran.Kurangnya ketersediaan media berbasis tematik kelas II Sekolah Dasar menjadi kendala dalam tercapainya tujuan pembelajaran tematik.Guru kelas II lebih sering menggunakan media lingkungan sekitar dan bayangan, guru menggunakan media pembelajaran tetapi hanya pembelajaran tertentu saja tidak semua pembelajaran. Umumnya guru menggunakan media pembelajaran secara terpisah atau masing-masing mata pelajaran.Tujuan dari penelitian pengembangan ini untuk mengembangkan media pembelajaran dan menghasilkan produk berupa media (Jampudik) Jam Putar Cerdik yang digunakan pada pembelajaran tematik tema tugasku sehari-hari kelas II SD, dengan harapan media pembelajaran dapat digunakan secara efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development yaitu metode penelitian dan pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan dan menguji keefektifan produk.Media pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh ahli media, ahli materi pembelajaran tematik serta diujicobakan pada peserta didik dan diberi respon oleh guru sebagai observer.Data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisi kuantitatif. Hasil temuan produk dapat disimpulkan bahwa: (1) penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa media Jampudikyang dapat digunakan di kelas II SD (2) Media Jampudik ini berbentuk seperti buku terdiri dari 6. (3) Pengembangan media yang dilakukan terdiri dari tahap analisis kebutuhan, pengembangan produk, validasi oleh ahli, revisi produk, dan uji coba pada peserta didik (3) hasil validasi oleh ahli media pembelajaran didapat skor 93,8% sedangkan hasil validasi oleh ahli materi pembelajaran didapat skor 96,3% (4) hasil uji coba terhadap guru sebagai observer kelompok kecil persentasenya 76,3% dalam kategori baik dan kelompok besar menunjukkan sangat baik yaitu masing-masing dan 90,9%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Feb 2017 04:53
Last Modified: 28 Feb 2017 04:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34877

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo