UMM Institutional Repository

ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DI KELAS ATAS SDN RANDUAGUNG 02 SINGOSARI

RAHMANA, LINDA (2017) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DI KELAS ATAS SDN RANDUAGUNG 02 SINGOSARI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lindarahma-46619-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lindarahma-46619-2-babi.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Keyword : Analisis, Kesulitan Belajar, Siswa di Kelas Atas. Setiap siswa berhak memperoleh pengajaran yang memuaskan.Namun dari kenyataan sehari-hari tampak jelas bahwa siswa memiliki perbedaan dalam berbagai hal, seperti dalam intelektual, fisik atau latar belakang keluarga maupun lingkungan sekolah. Perbedaan individual inilah yang menyebabkan perbedaan tingkah laku belajar dikalangan pesertadidik,sehinggasiswa mengalami kesulitan belajar.Di SDN Randuagung 02 peran guru dalam proses pengajaran masih sangat besar, sehingga siswa bersifat pasif dan verbalistis. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan jenis kesulitan belajar siswa di kelas atas SDN Randuagung 02 Singosari, (2) Menganalisis Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa di kelas atas SDN Randuagung 02 Singosari, (3) Mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas atas SDN Randuagung 02 Singosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif.. Penelitian ini juga dilengkapi dengan data kuantitatif yang hanya digunakan pada pengumpulan data awal dalam kuesioner (angket).Sebagai sumber data atau informan, dipilih guru kelas IV, V, dan VI, dan siswa kelas IV, V, VI di SDN Randuagung 02 Singosari.Dan dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode angket, observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan.Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pengumpulan data dan tahap penyelesaian. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2016, tahun akademik 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan: (1)Kesulitan belajar yang dialami siswa kelas 4 (AF) dikarenakan AF merupakan siswa yang sangat pendiam di kelas sehingga dalam proses belajar AF lambat dalam menyelesaikan tugas. Pada siswa kelas 5 (ES) mengalami kesulitan dalam belajar yang ditunjukkan pada prestasi belajar yang rendah atau dibawah rata-rata yang menyebabkan ES tidak naik kelas selama tiga kali berturut-turut pada kelas 1,2, dan 3. Selanjutnya siswa kelas 6 (SA) merupakan siswa yang nakal, sering mengganggu teman dan susah diatur sehingga menimbulkan kesulitan belajar SA yang dapat dilihat dari nilai belajar yang rendah. (2) Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar yang melatarbelakangi kesulitan belajar siswa pada siswa AF, ES, dan SA adalah dari faktor dirinya sendiri dan lingkungan sekolahnya. (3) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa AF, ES, dan SA di SDN Randuagung 02 Singosari dengan memberikan tes remidi saat nilai ujian atau nilai harian siswa tersebut rendah, guru tidak memberikan perlakuan lebih lanjut jika nilai siswa tetap rendah. Guru mengetahui kecakapan siswa AF, ES, dan SA yang memerlukan perbaikan hanya saja belum maksimal dalam melakukan program pengajaran remedial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Feb 2017 04:49
Last Modified: 28 Feb 2017 04:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34876

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo