UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDN KAUMAN 1 MALANG

FARIZAL, IMRONUL NOFIA (2017) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDN KAUMAN 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-imronulnof-46621-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-imronulnof-46621-2-babi.pdf

Download (488kB) | Preview

Abstract

Keyword : implementasi, gerakan literasi sekolah, pendidikan karakter. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya SDN Kauman 1 Malang mengembangkan sekolah yang literat sebagai wujud meningkatkan pendidikan karakter. Terbatasnya waktu, tempat dan tenaga pendidik menjadi pengaruh yang sangat penting dalam pelaksanaan literasi. Sehingga pendidikan karakter terkait gerakan literasi sekolah tidak dapat terimplementasi secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan karakter peserta didik di SDN Kauman 1 Malang, (2) sarana pelaksanaan gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan karakter peserta didik di SDN Kauman 1 Malang, (3) kendala dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan karakter peserta didik di SDN Kauman 1 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitiam yang dilakukan adalah kualitatif. Sebagai data dan sumber data, dipilih Kepala Sekolah, Guru kelas, siswa kelas 1 dan 5. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2016 dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 pembahasan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN Kauman 1 Malang, yaitu (1) pelaksanan, (2) sarana dan (3) kendala dalam pelaksanan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (1) pelaksanaan, terdapat 5 bentuk implementasi, yaitu pembiasaan, pengembangan, pembelajaran, hukuman, dan penghargaan. (2) sarana pelaksanan program Gerakan Literasi Sekolah, ada 4 yaitu perpustakan, sudut baca kelas, area baca dan poster atau slogan-slogan. (3) kendalanya, yaitu kurangnya kerjasama dari guru satu dengan guru lainya dan perilaku peserta didik yang kurang mematuhi budaya literasi sekolah dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Feb 2017 04:43
Last Modified: 28 Feb 2017 04:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34874

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo