UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA MATERI BAHASA INDONESIA TEMA KEGEMARANKU DI SDN MOJOREJO 01 BATU

HEFLIANI, (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA MATERI BAHASA INDONESIA TEMA KEGEMARANKU DI SDN MOJOREJO 01 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hefliani-46623-1-pendahul-n.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hefliani-46623-2-bab1.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Keyword : kemampuan membaca permulaan, media kartu kata bergambar Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Mojorejo 01 Batu menggunakan media kartu kata beegambar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca permulaan siswa SDN Mojorejo 01 Batu serta guru masih sering menggunakan (LKS) lembar kerja siswa, papan tulis, dan spidol sebagai pembelajaran membaca permulaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif partisipatif. Dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Mojorejo 01 Batu yang berjumlah 29 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan menggunakan kartu kata bergambar. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah obrservasi, sedangkan teknik analisis data digunakan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Mojorejo 01 Batu. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil observasi yang meningkatkan pada setiap siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari siklus I 67,85% mengalami peningkatan ke siklus II 92,85%. Adapun keberhasilan tersebut dilakukan dengan langkah sebagai berikut: (1) mempersiapkan media dan mengkondisikan siswa, (2) memberitahukan tema pembelajaran serta menjelaskan cara peraturan dalam menggunakan media serta contoh dan membagikan siswa menjadi 5 kelompok, (3) siswa bergiliran menempelkan huruf menjadi kata baik pada media sisi depan maupun media sisi belakang, (4) siswa menempelkan huruf menjadi kata pada kartu kata beergambar sesuai perintah dan contoh guru dalam pembelajaran kemampuan membaca permulaan sesuai dengan rencana peneliti, dan (5) mendampingi dan memotivasi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Feb 2017 04:35
Last Modified: 28 Feb 2017 04:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34872

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo