UMM Institutional Repository

ANALISIS KETERAMPILAN GURU MENGAJAR PADA KELAS RENDAH SD MUHAMMADIYAH 06 LAWANG KABUPATEN MALANG

ADHIM, FAUZUL (2017) ANALISIS KETERAMPILAN GURU MENGAJAR PADA KELAS RENDAH SD MUHAMMADIYAH 06 LAWANG KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fauzuladhi-46628-1-pendahul-n.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fauzuladhi-46628-2-babi.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Keyword : analisis, keterampilan guru mengajar, kelas rendah Pada SD Muhammadiyah 06 Lawang Kabupaten Malang terdapat guru yang menerapkan keterampilan mengajar. Keterampilan mengajar terdiri dari 8 keterampilan yaitu keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan membimbing diskusi, dan keterampilan mengelola kelas. Adapun tujuan pada penelitian ini sebagai berikut, (1) Mendeskripsikan keterampilan guru mengajar pada kelas rendah SD Muhammadiyah 06 Lawang Kabupaten Malang (2) Mendeskripsikan kendala keterampilan guru mengajar pada kelas rendah SD Muhammadiyah 06 Lawang Kabupaten Malang (3) Mendeskripsikan upaya dalam mengatasi kendala-kendala yang muncul pada keterampilan guru mengajar pada kelas rendah SD Muhammadiyah 06 Lawang Kabupaten Malang. Pada penelitian analisis keterampilan guru mengajar pada kelas rendah SD Muhammadiyah 06 Lawang Kabupaten Malang menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu, teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data (data reduction), pemaparan data (data display), serta penarikan kesimpulan (verifying). Hasil penelitian pada penelitian ini yaitu (1) Keterampilan guru mengajar yang diterapkan guru kelas rendah di SD Muhammadiyah 06 Lawang Kabupaten Malang terdiri keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan membimbing diskusi, dan keterampilan mengelola kelas, (2) pada penerapan keterampilan mengajar guru mengalami kendala pada kelas I terdapat kendala yaitu membimbing diskusi, kelas II kendalanya yaitu membimbing diskusi dan mengelola kelas, serta pada kelas III kendalanya sama yaitu membimbing diskusi dan mengelola kelas. (3) upaya untuk mengatasi kendala tersebut yaitu pada kelas I guru menempatkan tempat duduk anak yang suka ramai di depan meja guru, pada kelas II guru memberi tugas tambahan untuk siswa yang ramai, dan pada kelas III guru memberi teguran tegas untuk siswa yang ramai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Feb 2017 04:27
Last Modified: 28 Feb 2017 04:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34870

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo