UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN TGT DENGAN MEDIA PATUNG PENA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN SISWA KELAS 3 SDN 3 CAKUL TRENGGALEK

PRIYATMOKO, EFRY DWI (2017) PENGGUNAAN TGT DENGAN MEDIA PATUNG PENA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN SISWA KELAS 3 SDN 3 CAKUL TRENGGALEK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-efrydwipri-46633-1-pendahul-n.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-efrydwipri-46633-2-babi.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Keyword : TGT , Patung Pena, Pecahan sederhana Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di kelas III SDN 3 Cakul Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek, ditemukan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kompetensi mengenal pecahan sederhana. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dilakukan penelitian yang berjudul “Penggunaan TGT Dengan Media Patung Pena untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pecahan Sederhana Siswa Kelas 3 SDN Cakul 3 Trenggalek”: Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan metod TGT dengan media patung pena dalam pembelajaran matematika tentang mengenal pecahan sederhana pada siswa kelas III SDN 3 Cakul Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan metode TGT dengan media patug pena dalam pembelajara matematika tentang mengenal pecahan sederhana pada siswa kelas III SDN 3 Cakul Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan, dari Hopkins. Taggart melalui empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) Observasi, (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah 15 siswa kelas III SDN 3 Cakul Kec. Dongko Kab. Trenggalek. Instrumen yang digunakan meliputi lembar wawancara, observasi guru, observasi siswa, dokumentasi, dan soal evaluasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Hasil belajar siswa pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I, siswa yang tuntas memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), yaitu: 65 mencapai 6 siswa atau 40% dan siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 65 sebesar 9 siswa atau 60%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan terdapat 12 siswa atau 80% yang tuntas memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan dan 3 siswa atau 20% belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan. Pada ketuntasan klasikal siklus I, siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 40%, sedangkan pada siklus II siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 80%. Hal ini membuktikan bahwa pada siklus II terjadi peningkatan mengenal pecahan sederhana dasar, dari 40% (Kurang) menjadi 80% (baik).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Feb 2017 04:20
Last Modified: 28 Feb 2017 04:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34868

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo