UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MODUL BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA DISLEKSIA KELAS IV SEKOLAH DASAR

NUZULA, FIRDAUSI (2017) PENGEMBANGAN MODUL BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA DISLEKSIA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-firdausinu-46648-1-pendahul-n.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-firdausinu-46648-2-babi.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Keyword : pengembangan, modul bahasa Indonesia, disleksia, sekolah dasar. Siswa disleksia merupakan anak berkebutuhan khusus yang mengalami kesulitan belajar mengenali huruf maupun kata-kata, kesulitan membaca, mengeja, menulis, dll. Modul merupakan bahan ajar yang dirancang untuk dapat dipelajari oleh semua siswa secara mandiri sesuai karakteristiknya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) mengembangkan produk modul bahasa Indonesia untuk siswa disleksia kelas 4 sekolah dasar; (2) mengetahui keefektifan modul bahasa indonesia untuk siswa disleksia kelas 4 sekolah dasar. Metode penelitian pengembangan (Research and Development/ R&D) digunakan dalam penelitian ini untuk menghasilkan modul. Tahap metode tersebut mencakup: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4)validasi desain, (5) revisi desain, dan (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8)uji coba pemakaian, (9) revisi produk. Data analisis kebutuhan diperoleh wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) modul yang dikembangkan adalah modul bahasa Indonesia untuk siswa disleksia kelas IV sekolah dasar. Modul terdiri dari halaman pengantar, isi modul, evaluasi dan kunci jawaban. Modul yang dikembangkan telah divalidasi oleh ahli bahan ajar, ahli materi dan ahli pembelajaran. (2) modul pembelajaran yang dikembangkan memperoleh respon positif dari siswa disleksia. Adapun rata-rata skor akhir 3,37 dari skor maksimal 4 dan menunjukkan presentase 84,29%. Maka dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan modul bahasa Indonesia untuk siswa disleksia memperoleh skor rata-rata 3,13 dengan kategori “sangat baik”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Feb 2017 04:11
Last Modified: 28 Feb 2017 04:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34866

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo