UMM Institutional Repository

ANALISIS HUBUNGAN IKLIM SEKOLAH DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL DAN EMOSIONAL ANAK SDN DADAPREJO 1 BATU

KARTIKASARI, KARTIKASARI (2017) ANALISIS HUBUNGAN IKLIM SEKOLAH DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL DAN EMOSIONAL ANAK SDN DADAPREJO 1 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-diaharumka-46650-1-pendahul-n.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-diaharumka-46650-2-babi.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Keyword : Hubungan, iklim sekolah, perkembangan sosial, perkembangan emosional Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai iklim sekolah di SDN Dadaprejo 01 Batu, hubungan iklim sekolah dengan perkembangan sosial, dan hubungan iklim sekolah dengan perkembangan emosional anak SDN Dadaprejo 01 Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu beberapa guru, dan siswa kelas atas yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui teknik pengamatan atau observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim sekolah yang ada di SDN Dadaprejo 01 Batu terbentuk dengan baik untuk dimensi sosial, secara keseluruhan aspek dalam dimensi sosial terpenuhi yaitu: (1) kualitas hubungan interpersonal antara siswa, guru, dan staff (2) keadilan perlakuan guru dan staff terhadap siswa, (3) tingkat persaingan dan perbandingan sosial di antara siswa, (4) kontribusi siswa dalam pembuatan keputusan di kelas. Hasil verifikasi dari data yang diperoleh menunjukkan perkembangan sosial dan emosional anak berjalan dengan baik. Hasil ini diperkuat dengan adanya hasil angket siswa mengenai perkembangan sosial siswa yang menunjukkan kategori mendekati sangat baik dengan nilai 84, 8%, sedangkan hasil perkembangan emosional siswa menunjukkan kategori baik dengan nilai 81,8%. Kesimpulan pada penelitian ini terbentuknya iklim sekolah yang baik, dan adanya hubungan iklim sekolah yang terkait dimensi sosial terhadap perkembangan sosial dan emosional anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Feb 2017 04:04
Last Modified: 28 Feb 2017 04:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34864

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo