UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RSE (RUMAH SUMBER ENERGI) MATERI SUMBER ENERGI DAN PERUBAHANNYA MATA PELAJARAN IPA KELAS II SD

FEBRIANTO, DANA (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RSE (RUMAH SUMBER ENERGI) MATERI SUMBER ENERGI DAN PERUBAHANNYA MATA PELAJARAN IPA KELAS II SD. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-danafebria-46652-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-danafebria-46652-2-bab-1.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pengembangan, Media pembelajaran, IPA, RSE (Rumah Sumber Energi) Pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar menuntut peran aktif dan konstruksi dari para guru dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran sesuai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditentukan. Keterbatasan media pembelajaran dan lemahnya kemampuan guru menciptakan media membuat penerapan metode ceramah menjadi pilihan utama, sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif dan efisien. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan di sekolah diketahui bahwa belum adanya media pembelajaran IPA yang dapat digunakan sebagai media yang menarik motivasi belajar dan dapat meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik, sehingga dibutuhkan adanya sebuah media pembelajaran IPA yang dapat digunakan untuk menarik motivasi belajar dan meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik agar pembelajaran menjadi efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa media pembelajaran RSE (Rumah Sumber Energi) pada mata pelajaran IPA untuk mengetahui tingkat kelayakan produk melalui validasi beberapa ahli dan ujicoba produk. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D (Research and Development), yaitu menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Adapun langkah-langkah pengembanga yang dimaksud adalah 1). Potensi dan Masalah, 2). Pengumpulan Data, 3). Desain Produk, 4.) Validasi Desain, 5). Perbaikan Desain, 6). Ujicoba Produk dan Revisi Produk. Pengembangan produk dalam penelitian ini, hanya dilakukan hingga langkah (6) yaitu revisi terakhir. Hasil penelitian pada tahap validasi ahli media pembelajaran menunjukkan bahwa desain media pembelajaran RSE (Rumah Sumber Energi) menunjukkan kriteria sangat valid. Hasil yang diperoleh dari ahli materi menunjukkan kriteria sangat valid dengan persentase 82%, sedangkan hasil yang diperoleh dari ahli pembelajaran IPA SD menunjukkan kriteria sangat valid dengan persentase 81,6%. Selain itu, hasil uji coba produk kelas pada 20 siswa kelas II MI Mambaul Ulum Tegalgondo Malang dengan persentase respon positif siswa kelas sebanyak 92,5%. Berdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran RSE (Rumah Sumber Energi) mata pelajaran IPA dapat dijadikan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA di kelas II MI Mambaul Ulum Tegalgondo Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Feb 2017 03:55
Last Modified: 28 Feb 2017 03:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34862

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo