UMM Institutional Repository

PENGELOLAAN KEGIATAN NON AKADEMIK DI SD MUHAMMADIYAH 8 "KH MAS MANSUR" KOTA MALANG

MASBUHIN, AHMAD (2017) PENGELOLAAN KEGIATAN NON AKADEMIK DI SD MUHAMMADIYAH 8 "KH MAS MANSUR" KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadmasbu-46655-1-pendahul-n.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadmasbu-46655-2-babi.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pengelolaan kegiatan non akademik khususnya di tingakat Sekolah Dasar. pengelolaan kegiatan non akademik yang baik bukan hanya menambah nilai lebih terhadap nama baik sekolah. Keberadaan kegiatan non akademik di sekolah merupakan wadah pembinaan peserta didik sesuai bakat, minat, dan potensi peserta didik dalam berkreatifitas dan berkreasi diluar jam pelajaran sekolah. Hasil observasi menunjukkan bahwa terdapat banyak prestasi bidang non akadmik yang telah di raih oleh SDM 8 "KH Mas Mansur" Kota Malang baik tingkat kecamatan, kota malang, maupun tingkat privinsi Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan kegiatan non akademik di SDM 8 "KH Mas Mansur" dan bagaimana pengelolaan kegiatan non akademik, serta mendeskripsikan bagaimana penilaian dan evaluasi dalam pengelolaan kegiatan non akademik di sekolah tersebut. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Perencanaan kegiatan non akademik meliputi visi yaitu terwujudnya generasi yang ber-akhlaqul karimah, unggul dalam prestasi, tinggi budi pekerti, sehat jasmani rohani, peduli dan mandiri dengan misi menghasilkan peserta didik sebagai generasi yang berprestasi serta sehat jasmani maupun rohani serta berjiwa patriotik dan cinta pada lingkungan yang bertujuan memfasilitasi potensi peserta didik sesuai kebutuhan pengembangan dengan dukungan pendanaan dari pihak sekolah dan SK kegiatan sesuai pembinaan kegiatan yang ada. (2) pengelolaan kegiatan meliputi keterlibatan pihak sekolah baik secara langsung maupun tidak langsung, waktu pelaksanaan meliputi ekstra wajib pramuaka hari jumat, pencak silat hari sabtu serta ekstra pilihan pada hari sabtu dengan fasilitas sesuai kebutuhan pembinaan setiap bidang kegiatan, pengelompokan pembinaan dengan cara pembagian form pilihan kegiatan kepada peserta didik. (3) penilaian dilakukan pada setiap ujian tengah semester satu dan dua serta akhir semester satu maupun akhir semester dua, bentuk penilaian lain berupa prestasi peserta didik yang dibuktikan dengan perolehan piala, sertifikat serta daftar prestasi yang tercatat pada dokumen sekolah, adapun kendala dalam pelaksanaan berupa fasilitas yang masih kurang serta kendala dalam proses pengelompokan pembinaan kegiatan, disisi yang lain bahwa sekolah selalu berupaya untuk meningkatkan sarana dan prasarana sesuai kebutuhan pembinaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Feb 2017 03:47
Last Modified: 18 Jan 2018 07:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34860

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo