UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA "KOBER" (Kotak Berhitung) PADA MATERI PERKALIAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SD

PAMUNGKAS, AJENG DHIAS (2017) PENGEMBANGAN MEDIA "KOBER" (Kotak Berhitung) PADA MATERI PERKALIAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SD. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ajengdhias-46657-1-pendahul-n.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ajengdhias-46657-2-babi.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa pada materi operasi perkalian dan tidak adanya media pembelajaran yang tersedia untuk materi perkalian di kelas II SDN 08 Grajagan Kab Banyuwangi, siswa masih menggunakan jari untuk menghitung soal-soal perkalian. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, dibutuhkan media pembelajaran yang terbuat dari benda konkret, aman, menarik, dan mudah dipahami oleh siswa agar pembelajaran lebih aktif dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran berupa "KOBER" (Kotak Berhitung) pada materi operasi perkalian mata pelajaran matematika di kelas II sekolah dasar. Penelitian pengembangan yang digunakan yaitu mengacu pada model pengembangan menurut Borg dan Gall (Syaodih, 2013 169-170) yang sudah dimodifikasi, karena menurut Ardhana (2002, 09) prosedur pengembangan bukan merupakan langkah-langkah baku yang harus diikuti. Oleh karena itu peneliti memodifikasi menjadi 7 langkah yaitu analisis kebutuhan, perencanaan rancangan produk, desain produk awal, uji coba tahap I, revisi produk operasional, uji coba tahap II, dan produk akhir. Hasil penelitian dari uji validasi ahli media diperoleh 95%, ahli materi 92%, ahli pembelajaran 86%, dan dari uji coba tahap I 97 %, uji coba tahap II 98% yang menunjukan kriteria sangat valid atau sangat layak. Sedangkan hasil uji coba produk tahap I berjumlah 5 siswa memperoleh rata-rata 86 dan uji coba tahap II yang berjumlah 20 siswa memperoleh rata-rata 95,2. Tingkat efektikvitas pembelajaran menggunakan media "KOBER" dapat disimpulkan sangat baik, karena respon yang diberikan siswa menimbulkan timbal balik antara guru dengan siswa, dan hasil belajar yang diperoleh sudah memenuhi KKM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Feb 2017 03:39
Last Modified: 18 Jan 2018 09:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34858

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo