UMM Institutional Repository

Analisis Saluran Pemasaran Wortel (Daucus carota L.) (Studi Kasus di Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang)

Hidayat, Syaiful (2016) Analisis Saluran Pemasaran Wortel (Daucus carota L.) (Studi Kasus di Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-syaifulhid-46121-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-syaifulhid-46121-2-babi.pdf

Download (587kB) | Preview

Abstract

Keyword : Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, FarmerÂ’s Share, Struktur Pasar ABSTRAK Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana saluran pemasaran wortel di desa Ngabab, kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Danuntuk mengetahui margin pemasaran, farmerÂ’s share, dan keuntungan. Penelitian ini di laksanakan di Desa Ngabab Kecamatan Pujon Kabupaten Malang, pada tanggal 26 Febuari s/d 28Maret 2016. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner serta wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari dokumentasi pada saat penelitian berlangsung. Penelitian ini populasi yang menjadi objek penelitian adalah petani wortel di Desa Ngabab Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Pengambilan sampel pada petani dilakukan dengan metode purposive sampling, sedangkan metode pengambilan sampel pedagang dengan metode snowball sampling.Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.Analisis kualitatif bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran, struktur pasar dan perilaku pasar. Analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis margin pemasaran dan farmerÂ’s share. Penelitian yang telah dilakukan, terdapat 2(dua) saluran pemasaran. Dalam pemasaran ini petani lebih banyak menjual wortel pada saluran pemasaran I daripada saluran pemasaran II, karena proses penjualan wortel di anggap lebih mudah oleh petani. Saluran pemasaran I memiliki Marjin pemasaran Rp 10.708/kg, keuntungan pemasaran Rp 5.089/kg, dan farmerÂ’s share sebesar 29,40%. Pada Saluran pemasaran II margin pemasarannya sebesar Rp 2500/kg, dengan keuntungan sebesar Rp 2751/kg, dan farmerÂ’s share sebesar 64,29%. Dilihat dari efisiensi secara ekonomis dari 2(dua) saluran pemasaran wortel yang ada di Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Saluran pemasaran II adalah saluran pemasaran yang paling efisien secara ekonomis karena nilai farmerÂ’s share-nya tertinggi dibandingkan dengan saluran pemasaran I, dimana nilainya >50% yaitu sebesar 64,29%. Hal ini disebabkan lembaga pemasaran yang berperan pada saluran pemasaran II lebih sedikit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Agribusiness (54201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Feb 2017 01:29
Last Modified: 28 Feb 2017 01:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34853

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo