UMM Institutional Repository

ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL GEOMETRI TRANSFORMASI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

LAPELE, DINA AMALYA (2017) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL GEOMETRI TRANSFORMASI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dinaamalya-46368-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dinaamalya-46368-2-babi.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Keyword : Representasi Visual, Geometri Transformasi Matematika tidak hanya mempelajari penggunaan rumus saja, tetapi juga mempelajari visualisasi dari materi yang dibahas. Keahlian representasi visual sangat dibutuhkan dalam memahami dan juga menyajikan tampilan dari suatu objek matematika. Selain itu, matematika merupakan ilmu abstrak sehingga kemampuan representasi visual dianggap penting dalam memahami matematika. Mahasiswa yang merupakan peserta didik dalam jenjang Perguruan Tinggi juga tidak menutup kemungkinan telah memiliki kemmampuan representasi visual dengan sempurna. Untuk itu, peneliti melakukan penelitian yang menganalisis kemampuan representasi visual pada mahasiswa, khususnya dalam mata kuliah geometri transformasi karena mata kuliah ini melibatkan kemampuan representasi visual mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menjelaskan secara rinci bagaimana kemampuan representasi visual mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Berasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh kemampuan representasi visual mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang tergolong dalam kategori tinggi yakni dengan persentase 75,69%. Sebagian besar mahasiswa telah mampu menyajikan representasi visual dengan baik. Kesulitan terbesar mahasiswa yakni dalam memahami konsep. Mahasiswa yang tidak memahami konsep mengalami kesulitan dalam menyajikan representasi visual dari masalah yang diberikan. Beberapa mahasiswa juga seringkali tidak mencantumkan keterangan sumbu koordinat. Selain itu, kesulitan yang dihadapi mahasiswa yakni menjelaskan kesimpulan dalam bentuk kalimat. Masih terdapat mahasiswa yang menuliskan notasi dengan kurang tepat dan juga keliru dalam melakukan perhitungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 17 Feb 2017 08:06
Last Modified: 17 Feb 2017 08:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34780

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo