UMM Institutional Repository

RESPON MASYARAKAT DALAM PENERAPAN AGROFORESTRI SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN HUTAN RAKYAT DAN PENINGKATAN PENDAPATAN (Studi Kasus Desa Banjarejo Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang)

NOOR, DEFY YUSA (2017) RESPON MASYARAKAT DALAM PENERAPAN AGROFORESTRI SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN HUTAN RAKYAT DAN PENINGKATAN PENDAPATAN (Studi Kasus Desa Banjarejo Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-defyyusano-46152-1-pendahul-n.pdf

Download (953kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-defyyusano-46152-2-babi.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Keyword : Agroforestry, Pendapatan, Pengeluaran, Volume Pohon Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon masyarakat dalam penerapan pola dan sistem agroforestri serta untuk mengetahui tingkat pendapatan masyarakat desa hutan dalam pengelolaan agroforestri. Data yang diambil meliputi data primer yang terdiri kondisi sosial ekonomi petani (pendidikan, umur, jenis kelamin), luas lahan (lahan agroforestry dan lahan milik pribadi), pendapatan petani serta jenis tanaman yang ditanam, sedangkan data sekunder terdiri peta administrasi kecamatan dan monografi desa (Susiati, 2006). Kemudian dianalisis menggunakan uji t untuk mengetahui pengaruh penerapan agroforestri dalam pelestarian hutan dan peningkatan pendapatan rakyat, dan analisis regresi untuk mengetahui kontribusi pengaruh luas lahan yang dikelola baik andil dan milik, jumlah anggota keluarga, jumlah ternak, pendidikan dan tingkat perkembangan Agroforestry terhadap tinggkat pendapatan petani (Lestari, 2010). Hasil penelitian menujukkan bahwa respon masyarakat Desa Banjarrejo terhadap sistem agroforetry adalah baik dimana sistem agroforestry memberikan konstribusi terhadap pendapatan petani. Pola tanam yang diterapkan dalam penerapan agroforestry adalah tananam jagung, ketela dan padi gogo. Sedangkan sistem yang diterapkan adalah sistem agroforestry sederhana. Dengan rata-rata pendapatan 44 petani yang menanam jagung pada periode pertama sebesar Rp 3.147.272,- dan Rp 5.894.659,- untuk rata-rata pendapatan pada periode kedua. Rata-rata pendapatan ketela pohon sebesar Rp. 1.782.386. Sistem agroforestry sangat efisien dan menguntungkan, dilihat dari hasil B/C ratio yang menunjukan hasil >1 yakni sebesar 4.0. Tanaman pokok kehutanan di Desa Banjarejo berupa jati yang sudah termasuk dalam KU I dan KU II. Perhitungan total volume tegakan menunjukkan hasil sebesar 0,139 m3 dari jumlah keseluruhan 10 plot dengan ukuran plot 10 x 10.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Forestry (54251)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 17 Feb 2017 07:29
Last Modified: 17 Feb 2017 07:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34774

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo