PENGARUH PROGRAM AKREDITASI TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI KABUPATEN MALANG

AGUSTINA, DIAH (2007) PENGARUH PROGRAM AKREDITASI TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_PROGRAM_AKREDITASI_TERHADAP_PENINGKATAN_KUALITAS_PENDIDIKAN_DI_KABUPATEN_MALANG.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Upaya meningkatkan kualitas pendidikan terus menerus dilakukan pada setiap jenis dan jenjang pendidikan. Diantaranya adalah akreditasi, akreditasi dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pada jalur pendidikan formal dan non formal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan sehingga dapat juga dikatakan sebagai pengakuan atau legalitas sekolah yang dipandang dari sudut terpenuhinya beberapa syarat yang harus dimiliki sekolah. Pembahuruan sistem pendidikan memerlukan strategi tertentu, strategi pendidikan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 yaitu Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional yang didalamnya memuat tentang penilaian, akreditasi dan sertifikasi pendidikan yang memberdayakan seperti yang tertuang dalam pasal 60. Tapi dalam penelitian ini hanya difokuskan pada program akreditasi. Akreditasi adalah untuk memacu pada peningkatan kualitas pendidikan disekolah, pasalnya akreditasi juga dapat menjadi pengakuan bahwa sekolah tersebut telah memenuhi standart unhtuk lembaga pendidikan yang diakui oleh pemerintah. Akreditasi diberlakukan untuk sekolah swasta dan juga sekolah negeri yang ada di Indonesia yang sudah memenuhi syarat yang ditentukan. Penelitian yang berjudul Pengaruh Program Akreditasi terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan di Kabupaten Malang yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh program akreditasi terhadap peningkatan kualitas pendidikan pada sekolah yang ada dikabupaten Malang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga proram akreditasi memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan pada sekolah yang ada di Kabupaten Malang. Dalam penelitian ini teknik pengukuran data yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengambilan datanya menggunakan kuisioner, sedangkan populasi dan sample adalah sekolah yang sudah terakreditasi pada tahun 2005. Sedangkan analisa datanya menggunakan regresi linier sederhana, dengan pengujian hipotesis menggunakan uji Fdan uji t. Dari hasil perhitungan dapat diketahui bahwa f hitung > dari f tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel program akreditasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan pada sekolah yang ada di kabupaten Malang. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan analisa sederhana melalui program SPSS maka dapat disimpulkan bahwa program Akreditasi memiliki pengaruh sebesar 56.4 % terhadap peningkatan pendidikan dengan tingkat korelasi kedua variabel sebesar 0.751. Sehingga kesimpulan terakhir yang bisa diambil pada penelitian ini adalah program akreditasi yang dilakukan pemerintah membawa pengaruh pada peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Malang. Program akreditasi yang dilakukan pemerintah membawa pengaruh pada peningkatan kualitas pendidikan di kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 01 May 2012 02:57
Last Modified: 01 May 2012 02:57
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3474

Actions (login required)

View Item View Item