UMM Institutional Repository

STRATEGI PEMERINTAH DAERAH DALAM MEWUJUDKAN MALANG KOTA LAYAK ANAK (MAKOLA) MELALUI PENYEDIAAN FASILITAS PENDIDIKAN

HIDAYAT, (2017) STRATEGI PEMERINTAH DAERAH DALAM MEWUJUDKAN MALANG KOTA LAYAK ANAK (MAKOLA) MELALUI PENYEDIAAN FASILITAS PENDIDIKAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hidayat201-46341-1-pendahul-n.pdf

Download (978kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hidayat201-46341-2-babi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keyword : fasilitas pendidikan ,kota layak anak, MAKOLA, strategi pemerintah Penelitian ini mengkaji tentang strategi pemerintah daerah dalam mewujudkan Malang Kota Layak Anak (MAKOLA) melalui penyediaan fasilitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja strategi yang telah dan akan dilakukan pemerintah Kota Malang terhadap upaya mewujudkan Malang sebagai kota layak anak, serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dalam mewujudkan Kota Malang sebagai kota layak anak. Penelitian ini disajikan secara deskriptif yaitu menggambarkan informasi tentang Malang kota layak anak melalui data-data tertulis atau lisan dari instantsi politik, orang-orang dan prilaku yang diamati. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dimana analisis data dilakukan sejak awal dan selama proses penelitian dilaksanakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data primer yang diperoleh langsung dari informannya dan data sekunder yang diperoleh melalui sumber lain yang telah tersedia sebelum penelitian dilakukan. Data-data tersebut dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan penelusuran data online/fasilitas internet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kota layak anak dapat diwujudkan di Kota Malang melalui strategi yang dijalankan oleh pemerintah Kota Malang antara lain pengalokasian APBD untuk fasilitas pendidikan, kerjasama dengan private sector dan CSR perusahaan dalam penyediaan fasilitas pendidikan, pengadaan bus sekolah gratis, penyediaan perpustakaan keliling, serta pengadaan zona selamat sekolah. Strategi-strategi tersebut sangat penting dilakukan sehingga dapat melindungi dan memfasilitasi setiap hak yang ada pada diri anak, serta dapat mewujudkan terciptanya MAKOLA. Dalam mewujudkan MAKOLA terdapat faktor pendukung yang diantaranya partisipasi LSM peduli anak, dan adanya partisipasi dari anak dan orang tua, serta adanya upaya pemerintah Kota Malang dalam mewujudkan MAKOLA. Selain faktor pendukung, dalam mewujudkan MAKOLA ternyata masih terdapat faktor penghambat antara lain: minimnya koordinasi lintas satuan kerja dan kurangnya rasa tangggung jawab antar satuan kerja atas kebijakan kota layak anak ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Jan 2017 07:34
Last Modified: 25 Jan 2017 07:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34654

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo