UMM Institutional Repository

PENGARUH LAMA PENUTUPAN PINTU PERLINTASAN KERETA API TERHADAP TUNDAAN DAN PANJANG ANTRIAN KENDARAAN (Studi Kasus Pada Perlintasan Kereta Api di JPL No.69 Jl. WR. Supratman, Kel. Klojen, Kec. Blimbing, Kota Malang)

Musaad, Khaidar (2017) PENGARUH LAMA PENUTUPAN PINTU PERLINTASAN KERETA API TERHADAP TUNDAAN DAN PANJANG ANTRIAN KENDARAAN (Studi Kasus Pada Perlintasan Kereta Api di JPL No.69 Jl. WR. Supratman, Kel. Klojen, Kec. Blimbing, Kota Malang). Other thesis, University Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-khaidarmus-46334-1-pendahul-n.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-khaidarmus-46334-2-babi.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Keyword : Durasi penutupan pintu perlintasan, Tundaan, Panjang antrian kendaraan. Jalan raya dan jalan rel merupakan titik potensial persimpangan atau pertemuan sebidang antara dua jenis prasarana transportasi. Kendaraan yang bergerak melalui suatu persimpangan atau pertemuan akan mengalami waktu tempuh tambahan yang disebut sebagai tundaan. Volume lalu lintas pada pendekat perlintasan yang cukup tinggi akan menimbulkan tundaan dan panjang antrian kendaraan yang cukup berarti yang diakibatkan oleh penutupan pintu perlintasan yang fluktuatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran pengaruh yang diakibatkan oleh variasi durasi penutupan pintu perlintasan kereta api terhadap tundaan ( delay ) dan panjang antrian kendaraan yang digambarkan menggunakan model untuk mengetahui hubungan antara variabel-variabel tersebut. Lokasi penelitian dilakukan pada perlintasan 69 pada ruas jalan raya WR. Supratman Klojen Blimbing Kota Malang. Survei terhadap arus lalu lintas dilakukan dengan pengamatan terhadap jenis kendaraan mobil penumpang, bus, truk dan sepeda motor yang menuju pendekat perlintasan. Variabel yang diambil dalam pengamatan adalah durasi penutupan pintu perlintasan, volume arus lalu lintas, waktu stopped delay dan panjang antrian kendaraan. Dari hasil analisa kelima model regresi linier yang dihitung menggunakan program SPSS, pada model tundaan dari arah barat ke timur dan timur ke barat, model cubic menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan model Linier, Logarithmic, Quadratic dan Exponential. Yakni Model Cubic arah barat ke timur Y = -86,154 + 4,284.X – 0,043.X2 + 0,000.X3 dengan R2 = 0.191, T = 1.326, F = 6.530 dan Model Cubic arah timur ke barat Y = 81,977 – 2,555.X + 0,034.X2 + 0.000.X3 dengan R2 = 0.243, T = -1.232, F = 8.789. Sedangkan pada model panjang antrian kendaraan dari arah barat ke timur dan timur ke barat, model Cubic dan Exponential yang menunjukkan hasil yang lebih baik. Yakni Model Cubic arah barat ke timur Y = 6,096 + 2,781.X – 0,033.X2 + 0,000.X3 dengan R2 = 0.152, T = 0.615, F = 4,967 dan Model Exponential arah timur ke barat Y = 26,619.e0.009.X dengan R2 = 0.206, T = 4.662, F = 21.736. Besarnya tundaan dari arah barat ke timur adalah 132 detik/Kendaraan/lajur sedangkan dari arah timur ke barat yang terbesar adalah 115 detik/kendaraan/lajur. Panjang antrian kendaraan dari arah barat ke timur yang terpanjang adalah 216.8 meter/lajur sedangkan dari arah timur ke barat adalah 160.2 meter/lajur. Secara statistik model tersebut masih terlihat kurang baik, hal ini di tunjukkan dari nilai R2, T dan F yang masih relatif rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (22201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 11 Jan 2017 07:44
Last Modified: 11 Jan 2017 07:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34619

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo