UMM Institutional Repository

EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL (STUDI KASUS : JLN. RAYA KARANGLO – JLN. PERUSAHAAN KOTA MALANG)

ROHMAN, ARIEF (2016) EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL (STUDI KASUS : JLN. RAYA KARANGLO – JLN. PERUSAHAAN KOTA MALANG). Bachelors Degree (S1) thesis, University Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ariefrohma-46336-1-pendahul-n.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ariefrohma-46336-2-babi.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ariefrohma-46336-3-babii.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ariefrohma-46336-4-babiii.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Keyword : Kinerja Simpang Bersinyal, Derajat Kejenuhan, Panjang Antrian Simpang Bersinyal Jl. Raya Karanglo – Jl. Perusahaan merupakan jalur utama tempat melintasnya kendaraan berat yang akan menuju ke utara selatan maupun barat. Simpang ini merupakan jalan menuju akses pusat kota. Jalan Raya Karanglo terdiri dari 4 lajur 2 jalur dan Jalan Perusahaan terdiri 2 lajur 2 jalur dengan arah persimpangan bersinyal. Evaluasi kinerja Simpang bersinyal akan dilakukan dengan mengacu Manual Kapasitas Jalan Indonesia Tahun 1997 yang diterbitkan oleh Direktorat Jendral Bina Marga. Data dihasilkan dengan pencatatan secara manual yang dilakukan pada 29 Agustus - 4 September 2016. Kinerja Simpang Jl. Raya Karanglo – Jl. Perusahaan Kota Malang menunjukkan bahwa nilai DS maksimal yang terjadi pada pendekat dari arah utara yaitu sebesar 1.00 > 0.85, sehingga tingkat kinerja simpang tersebut dari pendekat arah utara sangat buruk, dan tundaan rata-rata 44.62 det/smp > 40 - 60 det/smp maka indeks tingkat pelayanan (ITP) masuk dalam kategori E. Alternatif yang optimal untuk pemecahan masalah kemacetan lalu lintas pada simpang tersebut adalah alternatif 2 yaitu dengan merubah waktu siklus maksimal untuk 3 fase manjadi 100 detik dan penambahan lebar efektif (We) pada pendekat utara menjadi 4 m, maka kinerja simpang bersinyal tersebut diperoleh nilai derajat kejenuhan pada semua pendekat dari arah utara, selatan, dan barat turun menjadi (DS) 0.82, 0.84 dan 0.75 dengan panjang antrian (QL) 147 m, 173 m dan 70 m, tundaan simpang rata-rata sebesar (D1) 18.16 det/smp yang masuk dalam kategori indeks tingkat pelayanan (ITP) kategori C.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Keywords: Kinerja Simpang Bersinyal, Derajat Kejenuhan, Panjang Antrian
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (22201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 11 Jan 2017 07:36
Last Modified: 01 Apr 2019 06:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34617

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo