UMM Institutional Repository

MAKNA INTERAKSI SOSIAL NGOPI DI RUANG PUBLIK (Studi pada Pengguna Media Sosial di Warung Kopi Gapuro)

Burhan, Sathi'ul (2017) MAKNA INTERAKSI SOSIAL NGOPI DI RUANG PUBLIK (Studi pada Pengguna Media Sosial di Warung Kopi Gapuro). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sathiulbur-46300-1-pendahul-n.pdf

Download (986kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sathiulbur-46300-2-babi.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul "Makna Interaksi Sosial Ngopi di Ruang Publik" ini dilatar belakangi oleh (1) Peneliti setiap harinya secara tidak langsung mengamati kegiatan ngopi merasakan ada makna yang berbeda dari interaksi sosial ngopi saat ini (2) Banyaknya mahasiswa yang melakukan kegiatan di warung kopi mengingat Kota Malang sebagai kota pendidikan maka banyak aktivitas di ruang publik (3) Maraknya penggunaan media sosial pada saat ngopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna interaksi sosial pada saat ngopi di ruang publik bagi pengguna media sosial di warung kopi gapuro dan mengetahui makna interaksi sosial pada saat "Ngopi" di ruang publik bagi pengguna media sosial di warung kopi gapuro. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Proses penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria yang peneliti tentukan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Dari penelitian ini ditemukan kesimpulan bahwa Makna dari ngopi di ruang publik adalah sarana mempererat silaturahmi, menjalin komunikasi membangun ruang interaksi sosial dan berbagai makna lain yaitu baik untuk kesehatan, berbeda dengan ngopi dirumah sampai tidak bisa memaknai karena berbagai kesibukan. Bersamaan dengan itu pula berkembang dengan pesat sebuah teknologi komunikasi khususnya media sosial. Hadirnya aktivitas lain selain tujuan awal mereka mendatangi warung kopi untuk ngopi mempengaruhi komunikasi tatap muka di warung kopi. Adanya media sosial saat ini, interaksi yang terjadi di warung kopi tidak lagi seperti dulu dimana komunikasi yang terjadi di warung kopi tanpa ada hambatan, para pengunjung dapat ngopi dan melakukan interaksi sosial secara langsung tanpa ada gangguan notifikasi gadget yang ia miliki yang menjadikan ngopi seolah kehilangan maknanya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 09 Jan 2017 07:43
Last Modified: 16 Jan 2018 09:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34610

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo